Membuat Forum Diskusi yang Menarik

Artikel ini akan membahas cara-cara inovatif untuk membuat forum diskusi Anda menjadi “tempat yang tepat” di kelas online Anda. Forum adalah bagian paling interaktif dan jantung dari kelas online Anda.

Berbagai Cara Untuk Membuat Forum Diskusi Online Menarik Dan Menyenangkan

Forum diskusi adalah inti dari ruang kelas online Anda. Forum juga merupakan bagian paling interaktif dari ruang kelas tempat siswa berinteraksi satu sama lain dan guru daring memiliki kesempatan paling besar untuk terikat dengan siswanya dan menciptakan rasa kebersamaan di kelas daring. Menciptakan komunitas penting dalam pengajaran online sehingga guru online dapat menciptakan ruang belajar yang aman bagi siswa untuk berkembang dan belajar secara online. Hal ini sangat penting untuk pengajaran online karena mengikuti kelas online bisa sangat terisolasi dan sepi dibandingkan dengan kelas tatap muka tempat Anda dapat melihat teman sekelas dan guru Anda secara real time. Memiliki forum yang menarik mengurangi kesepian itu, membuat pengalaman online menjadi pengalaman yang lebih menarik.

Berbagai Perspektif

Buat forum Anda mencerminkan berbagai perspektif. Dalam dongeng Barat, pahlawan menentang orang tuanya, menikahi gadis yang dia inginkan / cintai dan berjalan menuju matahari terbenam bersama gadis itu. Dalam dongeng Asia, pahlawan mematuhi orang tuanya, mencampakkan gadis yang dia cintai untuk menuruti orang tuanya, dan menikahi gadis yang diinginkan orang tuanya. Dia berjalan menuju matahari terbenam bersama gadis yang diinginkan orang tuanya. Contoh lain dari pahlawan Asia adalah seorang pemuda yang mengorbankan kebahagiaannya dengan menolak gadis yang dicintainya demi menjaga orang tuanya yang sudah lanjut usia. Dengan kata lain, dalam budaya Barat, ini semua tentang mengejar kebahagiaan individu. Penekanannya ada pada individu. Namun, dalam budaya Asia, penekanannya ada pada keluarga dan kelompok. Diskusi dari berbagai perspektif biasanya cukup mengasyikkan dan menyenangkan dalam forum diskusi.

Tinjauan Sejawat / Aktivitas Kolaboratif

Anda dapat meminta siswa meninjau ulang versi draf makalah mereka. Siswa saling memberikan umpan balik dan kritik yang membangun pada makalah satu sama lain. Anda juga memberikan umpan balik juga. Siswa memberikan umpan balik tentang struktur esai dan tata bahasa (opsional). Saya mengajukan pertanyaan ini kepada siswa: Di manakah esai itu lemah? Di mana esai itu kuat? Apakah esai memiliki pernyataan tesis? Apakah pernyataan tesis ditempatkan dengan benar dalam esai? Apakah esai memiliki paragraf pendahuluan, badan, dan kesimpulan? Apakah kalimat topik dari setiap paragraf tubuh sesuai dengan pernyataan tesis? Dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan ini dan melihat makalah satu sama lain, para siswa memperkuat apa yang mereka pelajari dalam kuliah mingguan mereka tentang struktur esai 5 paragraf.

Kuis dan Game Online

Anda dapat mengajari siswa cara mengenali kekeliruan dan cara membedakan fakta dari opini. Ada banyak fallacy quiz yang dapat Anda temukan online untuk diambil siswa. Ini adalah tautan ke salah satu halaman kuis yang saya gunakan sepanjang waktu dengan siswa saya. Ini adalah kuis informal dan sama sekali tidak menghitung nilai mereka. Mereka hanya mengambil kuis untuk bersenang-senang dan kemudian saling memberi tahu skor mereka di forum. Dengan mengikuti kuis online yang menyenangkan, siswa memperkuat dan menguji apa yang mereka ketahui tentang kesalahan.

Game Tebak-Menebak

Dalam bahasa Perancis, setiap kata dalam bahasa Perancis adalah maskulin atau feminin. Orang Perancis tidak memiliki masalah dalam menentukan kata benda Perancis mana yang maskulin dan kata benda Perancis mana yang feminin. Namun, mahasiswa Amerika memiliki banyak kesulitan untuk membedakannya. Aturan tata bahasanya adalah bahwa 80% kata benda Perancis yang diakhiri dengan “e” adalah feminin dan kata benda Perancis yang diakhiri dengan yang lain adalah maskulin. Jadi, saya meminta siswa memposting kata benda bahasa Perancis dan siswa lain harus menebak apakah kata benda bahasa Perancis itu maskulin atau feminin. Anda dapat memulai permainan dengan memposting kata benda Perancis misterius, dan kemudian Anda meminta seorang siswa menebak apa itu. Kemudian siswa itu akan memposting kata benda Perancis misteri mereka sendiri dan seterusnya. Permainan tebak tata bahasa juga bisa digunakan untuk tata bahasa (grammar) Inggris. Anda dapat meminta siswa menebak jika kalimat yang saya posting adalah kalimat sederhana, kalimat majemuk, kalimat kompleks, atau kalimat majemuk-kompleks.

Aktivitas Sambung-cerita

Aktivitas ini sangat cocok untuk mata pelajaran sastra, Anda dapat mulai menginisiasi aktivitas ini dengan memposting “Jack memasuki ruangan dan melihat sosok gelap …” Kemudian siswa berikutnya akan memposting sosok gelap apa yang mereka lihat dan kemudian siswa berikutnya akan melanjutkan cerita ini. Aktivitas ini dapat mendorong kreatifitas dan kemampuan bercerita siswa. Siswa bersenang-senang membuat cerita bersama. Dan siswa terakhir yang memposting minggu itu mendapat hak istimewa untuk menulis akhir cerita.

Bermain Peran

Anda dapat meminta siswa memerankan bahwa mereka adalah pahlawan dalam cerita dan kemudian saya bertanya kepada siswa apa yang akan mereka lakukan jika mereka adalah pahlawan dalam cerita. Pertanyaan “Bagaimana jika” itu menyenangkan. “Bagaimana jika Anda adalah Odiseus, bagaimana Anda akan kembali ke rumah untuk menyelamatkan Penelope dari para pelamar?” Pastikan peran yang Anda sebutkan cukup general oleh audiens Anda, tidak hanya diketahui oleh beberapa orang saja.

Forum Pengajaran Mahasiswa

Anda dapat memulai aktivitas ini dengan membagi kelas menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok bertanggung jawab untuk membaca selama seminggu. Kelompok 1 membaca untuk minggu 1. Kelompok 2 membaca untuk minggu 2. Setiap kelompok bertanggung jawab untuk memimpin forum minggu itu dan bermain sebagai guru untuk minggu itu. Dengan cara ini, Anda hanya berdiri untuk memastikan bahwa setiap kelompok melakukannya dengan baik di forum mereka dan tidak mengalami kesulitan untuk memahami bacaan mereka. Siswa senang bisa memimpin forum setiap minggu. Anda juga dapat meminta setiap grup memposting utas percakapan berdasarkan pertanyaan bacaan dari minggu itu dan kemudian anggota grup itu bertanggung jawab untuk menjawab semua posting untuk minggu itu. 

Menggunakan Taksonomi Bloom Untuk Mengajukan Pertanyaan kepada Guru

Taksonomi Bloom adalah daftar kata kerja terukur yang mengukur seberapa banyak siswa telah menguasai konten kelas. Tingkat pembelajaran terendah melibatkan pertanyaan menghafal seperti “Apa itu …?” “Ceritakan apa yang terjadi dalam cerita …” “Siapakah karakter dalam cerita …?” dan tingkat pembelajaran tertinggi melibatkan siswa menerapkan apa yang mereka pelajari dalam kehidupan mereka sendiri, “Bagaimana Anda akan menerapkan topik B dalam kehidupan Anda sendiri?” “Apa yang akan Anda lakukan jika Anda …?” Sebagian besar siswa menyukai pertanyaan guru saya, tetapi saya menemukan bahwa sebagian besar waktu, jika pertanyaannya terlalu sulit, siswa akan menghindari menjawab pertanyaan Bloom tingkat yang lebih tinggi dan lebih suka hanya menjawab pertanyaan Bloom tingkat rendah. Beberapa siswa menghindari pertanyaan guru sama sekali kecuali Anda menjadikannya bagian dari nilai diskusi forum mereka dalam rubrik penilaian forum diskusi mereka. Menambahkan pertanyaan Bloom membantu guru memahami pada tingkat apa siswa memahami materi. Ada 6 tingkat taksonomi Bloom dan saya menemukan bahwa, rata-rata, siswa memahami hingga tingkat 3 (menerapkan).

Skenario / Studi Kasus Nyata

Saya tidak bisa menggunakan terlalu banyak studi kasus atau skenario kasus nyata di forum saya, namun, ketika saya mengambil kelas pengembangan profesional, kami menggunakan studi kasus dan skenario kasus nyata sepanjang waktu. Contoh skenario kasus nyata adalah, “Jika Anda seorang guru online, bagaimana Anda akan menangani siswa yang sulit di forum?” Kemudian, setiap guru harus menjawab bagaimana mereka akan menangani siswa yang sulit tersebut. Saya tahu beberapa bidang seperti psikologi, misalnya, menggunakan studi kasus sepanjang waktu di forum mereka untuk menghidupkan bidang mereka. 

Sumber:
https://elearningindustry.com/how-create-engaging-online-discussion-forums
Photo by Sergey Zolkin on Unsplash

Riefni