Tips Tetap Produktif Selama Pandemi Covid-19

Pandemi Covid-19 di negeri ini masih belum menunjukkan tanda-tanda akan segera berakhir. Sebagai bentuk kepedulian, sebaiknya kita tetap di rumah saja untuk memutus mata rantai penularan virus corona. Kecuali bagi orang-orang yang memang harus keluar rumah karena memiliki urusan, tentunya tetap wajib mengikuti protokol kesehatan.

Selagi di rumah, tentu kita merasakan perbedaan kebiasaan dengan tempat kita melaksanakan aktivitas sebelumnya, misalnya kerja, kuliah, dan sekolah. Alih-alih melakukan kegiatan produktif, kita malah banyak menghabiskan waktu untuk bersantai dan rebahan. Untuk menghindarinya, ada beberapa cara untuk membuat kita tetap produktif. Beberapa tips tersebut di antaranya adalah:

Bangun pagi

Seperti kata pepatah lama yang sering diucapkan orang tua, “Jangan bangun siang, nanti rezekinya dipatok ayam.” Hal ini memang benar adanya. Bangun pagi membuat tubuh dan pikiran terasa segar sehingga kita siap menjalani aktivitas dengan menyenangkan. Waktu yang dimiliki juga terasa lebih panjang sehingga kita bisa rileks untuk mengerjakan tugas atau pekerjaan.

Berbeda jika bangun siang, biasanya kepala akan terasa pusing dan membuat kita malas melakukan apapun. Alhasil, seharian hanya rebahan santuy saja.

Membuat to do list

To do list sangat berguna untuk membimbing kegiatan harian kita agar tidak ada yang terlupa. Biasanya, aku membuat to do list saat malam sebelum tidur, atau saat bangun pagi. Walau terkadang ada yang tak terlaksana, tidak apa-apa. Kita bisa memasukkannya ke daftar rencana keesokan harinya. Namun, jangan sering-sering, ya!

Olahraga ringan

Terlalu sering berdiam dan tak beraktivitas kadang membuat tubuh terasa berat dan pegal. Jika sudah terjadi, otomatis kita akan merasa malas untuk melakukan apapun. Untuk itu, olahraga ringan dapat dilakukan untuk meregangkan otot dan sendi. Jika tubuh terasa vit, tentu mood akan semakin membaik dan aktivitas bisa semakin menyenangkan.

Membaca buku

Selain tubuh yang perlu penyegaran, otak juga butuh asupan bernutrisi. Membaca buku adalah salah satu pilihan yang cukup tepat karena selain bisa produktif dengan menambah wawasan, kita juga bisa bersantai sembari menghilangkan kebosanan.

Membuat jurnal

Menulis ulang kegiatan harian akan menjadi saat yang menyenangkan, terlebih ketika banyak aktivitas produktif yang telah kita lakukan. Selain sebagai bentuk review, jurnal yang kita tulis bisa menjadi bahan penghargaan untuk diri kita sendiri karena telah melakukan kegiatan produktif seharian.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa dilakukan selama di rumah saja. Semoga bermanfaat 🙂