5 Tips Membuat Resolusi Tahun Baru
Bagian Dua: Membuat Rencana

Sebagian orang mungkin akan berhenti sampai membuat resolusi awal tahun, menulisnya di jurnal, atau menempelkan poster di dinding agar terus teringat akan tujuannya tersebut. Namun, tanpa adanya rencana yang matang dan konsistensi, tentu akan sulit mencapai resolusi yang sudah dibuat. Oleh karena itu, setelah mengidentifikasi resolusi yang tepat, beberapa hal berikut dapat dilakukan agar tujuan yang ingin kita raih dapat tercapai. Jen A. Miller melalui The New York Times membagikan tips untuk membuat dan ‘menjaga’ resolusi awal tahun agar terealisasi dengan konsisten. 

Buat rencana

Tujuan tidak akan tercapai begitu saja. Butuh rencana apa yang harus dilakukan serta hambatan apa yang dapat menghalanginya. Misal, jika kita mencoba membentuk atau menghentikan kebiasaan, Mr. Duhigg menyarankan untuk membagi kebiasaan itu menjadi tiga bagian: isyarat, rutinitas, dan imbalan. Contoh:

  • Kebiasaan Buruk: Saya merokok.Isyarat: Saya lelah.
  • Rutin: Saya merokok.
  • Imbalan: Saya terstimulasi.
  • Cara mengubah perilaku: Daripada merokok, gantilah stimulus dengan hal lain, seperti meminum kopi.

Tentu saja, isyarat dan rutinitas untuk kebiasaan buruk yang umum, seperti merokok, sangat individual bagi orang yang mencoba berhenti. Kita perlu melakukan beberapa upaya untuk mencari tahu apa isyarat sebenarnya untuk kebiasaan yang ingin diubah dan kemudian apa yang akan menggantikannya. Baik isyarat maupun imbalan harus mudah dan jelas. 

Namun begitu, meskipun rencana kita harus realistis dan mampu mendorong untuk lebih maju, rintangan yang tak terelakkan mungkin tetap akan muncul. Pauline Wallin, psikolog dan penulis “Taming Your Inner Brat,” mengatakan bahwa setiap rencana penyelesaian harus menyertakan ruang untuk kesalahan. 

Bagaimanapun matangnya rencana yang sudah dibuat, pasti akan ada rintangan yang menghadang. Artikel berikutnya akan membahas tips untuk mempersiapkan diri melompati rintangan dalam mencapai tujuan resolusi yang dibuat. Tetap semangat dan mulai menyusun rencana!

Referensi
Miller, Jen. A. “How to Make (and Keep) a New Year’s Resolution” https://www.nytimes.com/guides/smarterliving/resolution-ideas: The New York Times