Setiap orang pasti memiliki waktu luang di sela aktivitas atau pekerjaan. Berbagai macam rencana dapat dibuat untuk mengisi waktu luang itu, diantaranya bersantai, bermain game, atau tidur. Namun, kita dapat memanfaatkan waktu luang dengan kegiatan yang ringan namun tetap produktif, diantaranya dengan membaca. Beragam manfaat dapat kita peroleh dengan kegiatan yang bisa dilakukan sambil bersantai ini, yaitu untuk menambah wawasan dan pengetahuan, sebagai sarana relaksasi, dan sumber inspirasi.

  • Menambah wawasan dan pengetahuan

Tak dapat dipungkiri bahwa membaca dapat menambah wawasan dan pengetahuan. Sejak kecil, orang tua dan guru kita menanamkan pemikiran bahwa dengan membaca kita akan menjadi pintar. Berbagai pengetahuan dapat kita peroleh dengan membaca, baik dari buku non fiksi maupun fiksi sekalipun. Pengetahuan yang kita dapatkan tidak hanya dengan membaca buku, tapi juga berita dan artikel yang kini dapat diakses dengan mudah melalui internet. Namun begitu, kita tetap harus memastikan bahan bacaan yang kita baca berkualitas dan dapat dipercaya sehingga ilmu pengetahuan yang kita dapatkan bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

  • Menyegarkan pikiran

Manfaat kedua dari memanfaatkan waktu luang dengan membaca adalah sebagai sarana relaksasi. Membaca novel, cerpen, atau komik dapat menyegarkan otak yang penat setelah beraktivitas. Cerita yang menyenangkan dapat mengaktifkan hormon serotonin yang dapat memberikan perasaan bahagia. Apalagi jika membaca di tempat yang sejuk dan nyaman, tentu akan menambah kesegaran diri selepas beristirahat sambil membaca. Akan tetapi, disarankan untuk membaca cerita yang lucu, ringan, dan berakhir bahagia agar memicu kesenangan pula dalam diri kita.

  • Menemukan inspirasi

Terakhir, manfaat membaca di waktu luang adalah sebagai sumber inspirasi. Terkadang otak kita merasa suntuk setelah ‘dipaksa’ bekerja dan memikirkan hal yang rumit. Kita tak dapat lagi menemukan ide bagaimana pemecahan masalah yang sedang dihadapi saat pikiran sudah buntu. Jika itu terjadi, istirahatlah sejenak, regangkan badan, ambil minuman hangat, dan mulailah membaca. Mulailah dengan membaca buku atau cerita yang menyenangkan, baru dilanjutkan dengan membaca tulisan yang terkait dengan permasalahan yang kita hadapi. Tak hanya itu, bisa pula membaca buku atau artikel motivasi agar meningkatkan kembali semangat kita sebelum kembali bekerja.

Berdasarkan uraian di atas, dapat kita simpulkan bahwa membaca ternyata memiliki banyak manfaat sebagai pengisi waktu luang. Selain menambah ilmu, membaca juga dapat menyegarkan otak dan menggali ide serta pemikiran yang sebelumnya buntu. Oleh karena itu, mengisi waktu luang dengan membaca bisa menjadikan kita tetap produktif serta menghabiskan waktu dengan kegiatan yang positif dan bermanfaat.