Pandemi Covid-19 mengubah hidup kita. Datang tiba-tiba, entah kapan akan segera enyah dari dunia. Layaknya penjajah, virus corona sudah merebut kemerdekaan kita. Membuat kita terkurung, membuat ketakutan merebak di mana-mana. Ketidakstabilan terjadi, bukan hanya pada level negara, tetapi dari lingkup terkecil. Rumah.

Meski begitu banyak hal negatif yang disebabkan virus corona ini, tentu ada hal-hal baik yang terjadi. Walau seperti mencari jarum di dalam tumpukan jerami, kita tetap bisa mengambil sisi positif bahkan di tempat terburuk sekalipun. Beberapa hal positif yang dapat aku ambil sebagai hikmah dari pandemi ini adalah sebagai berikut:

Waktu bersama keluarga
Waktu tak dapat dibeli. Sebelum pandemi, kesibukan kita membuat hari-hari terasa begitu cepat berlalu hingga waktu terasa begitu sedikit. Terlebih bagi pekerja yang harus keluar rumah, perjalanan memakan waktu cukup banyak hingga tiba di rumah sudah dalam keadaan lelah.
Selama pandemi, terlebih saat fase work from home, kita bisa sedikit mengulur waktu yang berlalu dengan cepat. Kita bisa menikmati saat-saat yang sebelumnya terbuang, melihat tumbuh kembang anak-anak di rumah. Menghargai detik demi detik yang terlewat, seperti halnya menyaksikan kuncup bunga yang perlahan mekar. Mungkin bagi sebagian orang tak penting, tetapi menghargai proses adalah bagian dari kebahagiaan.

Lebih banyak bersyukur
Dulu, mungkin beberapa di antara kita ada yang mengukur kebahagiaan dengan berapa banyak barang yang dibeli, atau seberapa jauh liburan di luar negeri.
Dengan adanya pandemi, kita belajar untuk berhemat, menabung untuk masa sulit seperti ini. Kita lebih banyak bersyukur atas apa yang kita miliki, saling menjaga satu sama lain. Kita bahkan merasa senang saat bisa jajan, atau punya kesempatan untuk sekadar keluar rumah dan pergi ke minimarket terdekat.
Kita juga belajar untuk menyadari bahwa kebahagiaan bahkan bisa hadir dari hal-hal kecil yang dulu selalu luput dari perhatian.

Menyalurkan hobi yang terpendam
Mungkin di antara kita pernah mendengar, “Doing what you love is where happiness live.” Ya, beruntungnya orang yang bekerja sesuai dengan hobi yang dimiliki. Seperti pemain sepakbola, penulis, pelukis, dsb. Namun begitu, banyak sekali orang yang bekerja bukan sesuai dengan minat dan bakatnya.
Saat pandemi yang mengharuskan di rumah saja, mulai banyak orang yang menyalurkan hobi yang selama ini terpendam. Ada rasa bahagia yang muncul ketika berhasil melakukan hal yang disuka. Entah itu menyaksikan benih yang ditanam sudah berkecambah, membaca tulisan yang ditulis sendiri, menghidangkan masakan dari resep yang pertama kali diolah, dan lain sebagainya. Kebanggaan dan penghargaan terhadap diri sendiri muncul, sebagai tanda bahwa kita istimewa.
Nah, itulah beberapa hal positif yang dapat dipetik dari pandemi ini. Kebahagiaan setiap orang berbeda-beda, tergantung dari sudut mana kita melihatnya. Yang penting, cobalah untuk menggali kebahagiaan itu, bahkan di lubang terkecil sekali pun.