Empat Aplikasi Smartphone untuk Diet Sehat

Siapa yang selama pandemi #dirumahaja mengalami kenaikan berat badan? Atau merasa tubuh menjadi lebih susah bergerak karena kebanyakan rebahan?

Mungkin banyak yang mengalami hal seperti di atas yang berimbas pada “timbangan geser ke kanan”. Aktivitas fisik yang terbatas ditambah dengan asupan makanan terus menerus tentu mengakumulasi lemak dalam tubuh. Kita pasti sangat terkejut saat menimbang berat badan dan melihat Body Mass Index (BMI) atau Indeks Massa Tubuh (IMT) sudah berada di fase overweight.

Untuk menerapkan diet sehat, selain niat yang kuat, diperlukan juga pendukung sebagai ‘reminder’ agar kita selalu konsisten. Beberapa aplikasi smartphone berikut digunakan untuk menemani menjalani diet sehat.

Fat Secret

Aplikasi ini digunakan untuk menghitung jumlah harian kalori dalam makanan yang masuk ke tubuh kita. Sudah tersedia berbagai jenis makanan dan kita tinggal menginputnya, kemudian aplikasi akan merekap kalori yang kita makan. Untuk menghitung jumlah kalori yang dibutuhkan, bisa menggunakan aplikasi nomor dua.

BMI Calculator

Masing-masing orang memiliki kebutuhan kalori berbeda, sesuai dengan tingkat aktivitas dan berbagai faktor lainnya. Aplikasi ini bisa dilihat di website calculator.net. Dari situ kita bisa melihat berapa Basal Metabolic Rate (BMR) dan Total Daily Energy Expenditure (TDEE) sebagai acuan jumlah kalori yang disarankan masuk ke tubuh kita.

Lose Weight in 30 Days

Aplikasi ini dikhususkan untuk diet menurunkan berat badan. Tersedia menu harian selama 30 hari yang disarankan, juga latihan fisik yang direkomendasikan. Selain itu, ada juga pilihan latihan fisik lain sesuai dengan keinginan kita. Namun, makanan yang disarankan mengacu ke makanan luar negeri, sehingga agak sulit bagi orang Indonesia sepertiku. Haha.

Fastic

Untuk orang yang ingin menjalankan diet dengan cara intermitten fasting, aplikasi ini cocok digunakan. Selain sebagai alarm untuk mengatur jendela makan, di sini juga tersedia ilmu mengenai intermitten fasting yang dibagikan bertahap. Ada juga reminder minum air sebagai bagian dari diet sehat.

Itulah beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk menemani diet. Sekali lagi, artikel ini berdasarkan pengalaman sebagai pengguna aplikasi, bukan sebagai ahli gizi yang ekspert di bidangnya. Untuk diet yang lebih optimal, bisa konsultasi ke dokter gizi atau nutrisionis. Selamat mencoba.