Memperkenalkan audio ke dalam kelas adalah cara yang bagus untuk mengubahnya dan membuat siswa tetap terlibat secara aktif dalam pembelajaran. Di kelas yang paham teknologi saat ini, ada banyak cara untuk memasukkan audio ke dalam proses pembelajaran. Pada artikel ini kami akan memberi Anda 5 Alat Audio Gratis Terbaik untuk Guru dan menjelaskan cara penggunaannya.

Vocaroo

Tentang Vocaroo
Vocaroo adalah program online sederhana dan gratis yang tidak memerlukan pendaftaran bagi pengguna. Ini adalah aplikasi perekaman audio yang memungkinkan pengguna untuk merekam diri mereka sendiri secara online dan menyimpan rekaman tersebut segera setelahnya untuk digunakan di mana saja. Vocaroo paling baik digunakan untuk tugas yang mengukur kemampuan berbicara siswa atau untuk aktivitas di mana petunjuk arah audio akan lebih bermanfaat daripada petunjuk arah tertulis.

Cara penggunaan
Klik link di atas untuk mengunjungi situs Vocaroo. Sesampai di sana, temukan tombol merah menyala dengan teks yang bertuliskan “Klik untuk merekam”. Pastikan komputer Anda memiliki mikrofon bawaan, atau Anda telah memasangnya secara manual, lalu klik tombol. Vocaroo sekarang akan meminta izin Anda untuk mengakses mikrofon Anda, klik “Izinkan”. Vocaroo sekarang akan mulai merekam. Ucapkan apa yang ingin Anda rekam, lalu tekan tombol “Click to Stop”.Sekarang klik tombol “Dengarkan”. Jika Anda puas dengan rekaman Anda, mulailah membaca paragraf berikutnya. Jika tidak, klik tombol “Coba lagi” dan ulangi proses. Setelah itu klik tautan “Simpan & Bagi”. Vocaroo akan memberi Anda hyperlink ke rekaman ini. Anda dapat mengirimkan rekaman ini melalui email kepada diri Anda sendiri atau orang lain, atau membagikan rekaman Anda melalui media sosial. Anda juga dapat menyimpan audio dalam bentuk .mp3 dengan klik “Unduh”

UJAM

Tentang UJAM
UJAM adalah platform online gratis yang memungkinkan pengguna membuat lagu sendiri. UJAM paling baik digunakan di ruang kelas musik atau ruang kelas yang penuh dengan pemikir kreatif.

Cara Menggunakan UJAM
Klik link di atas untuk mengunjungi situs UJAM. Mulailah program dengan menggulir ke bagian bawah layar dan menemukan tombol abu-abu yang bertuliskan “Daftar dan selami!” Klik tombol ini dan selesaikan proses pendaftaran. Periksa kotak masuk email yang Anda berikan, temukan email dari UJAM dan klik tautan verifikasi di dalamnya untuk menyelesaikan aktivasi akun Anda. Setelah akun Anda diaktifkan dan Anda masuk, Anda dapat mulai membuat lagu Anda sendiri! Gulir ke bagian atas layar dan klik “tab Buat”. Sesampai di sana, klik tab UJAM Studio dan klik “Launch UJAM Studio”. Anda dapat mulai membuat lagu baru dengan merekam vokal atau instrumen, mengupload file audio yang sudah ada, atau memilih dari template yang disediakan oleh UJAM. Jika Anda memilih untuk merekam suara atau instrumen Anda, lihat tutorial ini untuk petunjuk lebih lanjut: http://www.youtube.com/watch?v=XDgyeMkvBfM. Jika Anda memilih template dari UJAM untuk remix, lihat tutorial ini: http://www.youtube.com/watch?v=B7RJhjrfsD0. Kerjakan lagu Anda sampai Anda puas dengan produk jadinya, lalu klik tombol “Simpan & Bagikan” di bagian atas layar untuk menyimpan pekerjaan Anda. Anda dapat memilih untuk menyimpan pekerjaan Anda saja atau membagikannya dengan dunia melalui Facebook, Soundcloud, UJAM, atau MP3 yang diunduh!

Incredibox

Tentang Incredibox
Incredibox adalah program gratis tanpa perlu mendaftar yang memungkinkan pengguna memanipulasi karakter untuk membuat lagu. Ini adalah program menyenangkan yang bekerja paling baik di kelas musik, tetapi dapat digunakan di ruang kelas mana pun asalkan Anda dapat mengerjakannya menjadi tugas.

Cara Menggunakan Incredibox
Klik link di atas dan kunjungi Incredibox. Sesampai di sana, Anda dapat memilih versi apa pun, tetapi tutorial ini akan fokus pada V3 2013. Setelah mengklik gambar V3, Anda akan dibawa ke intro Incredibox yang akan memberi Anda pratinjau singkat tentang apa yang dilakukan program tersebut. Setelah ini, Anda akan dibawa ke platform tempat Anda akan membuat lagu Anda! Ikon di bagian bawah layar mewakili (dari kiri ke kanan): ketukan, efek, melodi, dan suara. Seret dan jatuhkan kombinasi apa pun dari ini ke pria bertelanjang dada di jendela. Bermain-main dengan kombinasi sampai Anda memiliki lagu yang Anda banggakan. Untuk menghapus efek suara, klik karakter yang mewakili efek itu dan klik tombol “X”. Untuk membagikan pekerjaan Anda, gulir ke bagian atas layar dan klik ikon untuk situs yang ingin Anda bagikan.

Chirbit

Tentang Chirbit
Chirbit adalah program gratis yang memungkinkan pengguna membuat dan mengunggah file untuk disimpan atau dibagikan. Ini paling baik digunakan di ruang kelas di mana Anda ingin berbagi banyak file multimedia dengan siswa Anda secara konsisten.

Cara Menggunakan Chirbit
Klik tautan di atas untuk mengunjungi Chirbit. Untuk memulai, klik tombol “Daftar” berwarna biru di layar beranda. Selesaikan proses pendaftaran dan kemudian masuk. Setelah masuk, Anda akan dibawa ke dasbor. Anda memiliki beberapa opsi di sini; Anda dapat merekam diri Anda sendiri saat berbicara, mengupload file, atau menggunakan fitur “Text 2 Chirbit” atau “Video 2 Chirbit” dari Chirbit. Untuk merekam, klik tab “Rekam”. Izinkan Chirbit mengakses mikrofon Anda, lalu tekan tombol rekam merah untuk memulai. Tekan tombol stop setelah Anda selesai merekam. Gunakan tombol putar dan jeda untuk mendengarkan rekaman Anda. Beri rekaman Anda judul dan tag, pilih Jenis, lalu klik “Kirim”. Chirbit sekarang akan mengunggah file Anda ke dasbor Anda. Untuk mengupload file, klik tab “Upload”. Beri file Anda judul dan tag, pilih jenis, lalu pilih file dari komputer Anda untuk diunggah. Chirbit kemudian akan mengunggah file ke dasbor Anda. Untuk menggunakan fitur “Video 2 Chirbit”, klik tab “Video 2 Chirbit”, salin dan tempel URL Youtube ke dalam kotak teks, lalu klik “Kirim”. Chirbit sekarang akan mengkonversi video dan menguploadnya ke dashboard Anda. Untuk menggunakan fitur “Text 2 Chirbit”, klik tab “Text 2 Chirbit”, lalu salin dan tempel atau ketik teks ke dalam kotak teks. Sekarang tambahkan beberapa tag, pilih Jenis dan klik “Kirim”. Chirbit kemudian akan mengunggah file ke dashboard Anda. Untuk mendengarkan / melihat Chirbit Anda, cukup klik tombol putar di sebelahnya. Bagikan Chirbits Anda dengan menyalin dan menempelkan tautan yang ada di bawahnya. Atau bagikan ke situs media sosial dengan mengklik ikon situs yang ingin Anda bagikan di bawah Chirbit Anda.

Online-ConVert

Tentang Online-ConVert
Online-ConVert adalah situs web konversi file yang gratis untuk semua pengguna. Selain mengonversi audio, ia juga dapat mengonversi banyak jenis file lainnya. Ini paling baik digunakan pada tugas di mana Anda meminta siswa untuk mengirimkan tugas dengan jenis file tertentu. Dengan menggunakan program ini, mereka dapat dengan cepat dan mudah memberi Anda format audio yang benar.

Cara Menggunakan Online-ConVert
Mulailah Online-ConVert dengan mengklik link di atas untuk mengunjungi situs. Temukan kotak Audio Converter di kiri atas layar. Klik menu drop-down untuk menentukan format target Anda dan klik “Mulai”. Klik tombol “Pilih File” di halaman berikutnya dan temukan file yang Anda inginkan, lalu klik “Buka”. (Catatan: Anda juga bebas memasukkan URL untuk langkah ini. Sekarang tentukan bitrate, laju pengambilan sampel, saluran yang Anda inginkan, lalu normalkan atau potong audio apa pun dari file Anda. Kemudian klik “Konversi file.” Online-ConVert akan lalu izinkan jendela pop-up yang meminta Anda untuk mengunduh file yang telah dikonversi. Temukan lokasi file yang Anda inginkan dan klik “Simpan”.

Sumber:
Photo by Michael Maasen on Unsplash