Pantone reveals 2021’s colour of the year

Menjelang tahun 2020, Pantone telah merilis warna tahunan. Namun menurut para ahli warna, tahun 2021 bukan diekspresikan dalam satu warna, tetapi dua warna yang berbeda. Ini baru kedua kalinya hal ini terjadi yang mencerminkan waktu yang sesuai (belum pernah terjadi sebelumnya, bila Anda belum pernah mendengarnya).

Warna yang dipilih (lihat diatas) adalah ‘illuminating’ (Pantone 13 – 0647, kuning muda) dan ‘Ultimate Grey” (Pantone 17 – 5104). mengingat tahun depan sedang bergantung dengan kondisi keseimbangan saat ini, dapat dikatakan bahwa Pantone menutupi semua dasar agar dapat berjalan dengan baik. Namun, nampaknya kita melihat kedua warna itu sebagai ‘pasangan terpadu’ yang melambangkan solidaritas untuk masa depan. Bila Anda ingin mempelajari pentingnya warna untuk lenih lanjut, lihat panduan kami untuk teori warna.

Menurut direktur eksekutif Pantone Color Institute, Leatrice Eiseman, bahwa kombinasi ini “praktis dan kokoh tapi pada saat yang sama menghasilkan hangat dan optimis, ini adalah kombinasi yang memberi ketahanan dan harapan”. kedengarannya sangat menghangatkan hati dan perasaan yang ingin kami gunakan untuk bergerak maju, tapi bagaimana pilihan warna diterima?

Nah ada beberapa suara yang menyebutkan bahwa Pantone melakukan kecurangan dengan menggunakan dua warna, tetapi hal ini belum tentu menjadi masalah untuk kita. Warna bekerja secara kontras dan harmonis jika berdampingan, menciptakan makna dan implikasi baru pada setiap corak. Memanfaatkan efek ini untuk menggambarkan waktu dan situasi yang berbelit-belit dan mebingungkan seakan-akan memicu emosi.

Yang lain menempatkan warna-warna tersebut secara terpisah untuk mencerminkan tahun ini dengan abu-abu yang dipandang ‘menyedihkan’ dari pada parktis dan mendasar.

Dan sebagian sedih untuk dikenakan dihari-hari yang relatif tidak rumit (menenangkan) ditahun 2016 dengan warna pastel, dilain waktu dua warna digunakan bersamaan.

Pantone telah memperhatikanninti acara budaya tahun ini dan dibandingkan dengan warna yang dirilis lainnya, ini terasa agak tenang (bukan itu yang kami pikirkan , jika tahun depan sejalan, dan tentu saja). Sejalan dengan tahun ini, Pantone memberi kami in-your-face period red yang dirancang untuk memberanikan bagi orang-orang yang sedang menstruasi dan Ultra Black berkolaborasi dengan rapper Nas, yang dibuat sebagai tanggapan atas gerakan Black Lives Matter. Prospeknya pasti akan terasa agak berbeda jika Pantone menggunakan warna mencolok yang sama untuk mewakili tahun depan.

Artikel merupakan terjemahan dari artikel asli yang berjudul “Pantone reveals 2021’s colour of the year” oleh Georgia Coggan yang diterbitkan pada situs creativebloq.com

Muchammad Aziz Fauzi