Pandemi COVID-19 yang masih melanda dunia — termasuk Indonesia, telah mengubah banyak hal dalam kehidupan, khususnya bagi penyelenggaraan event. Termasuk event yang rutin diselenggarakan oleh BINUS University dalam ajang bursa kerja, yaitu BINUS Job Expo.

Job Expo yang penyelenggaraannya selalu bekerja sama dengan perusahaan-perusahan berskala nasional dan multinasional pada tahun 2020 ini tidak bisa terlaksana seperti biasa. Saat kondisi seperti ini, BINUS University menunjukkan eksistensinya dengan mengemas event ini dalam bentuk virtual. Bekerjasama dengan puluhan perusahaan yang masih membuka lowongan kerja dan membutuhkan banyak SDM, BINUS University menggelar BINUS Virtual Job Expo 2020 pada bulan Desember 2020.

Identitas visual dari kegiatan ini, diimplementasikan ke dalam bentuk sistem visual yang terdiri dari logo dan beberapa elemen visual lainnya.

 

 

Visualisasi logo ini menggunakan typeface kategori sans serif dengan gaya bold, yang telah dimodifikasi. Kumpulan elemen geometris yang membentuk huruf ‘V’ pada kata Virtual dan ‘X’ pada kata Expo dirancang untuk merepresentasikan virtual yang menjadi kekuatan dari acara ini, karena acara ini diselenggarakan secara online, dengan berbasis website.

Gradasi warna ungu menuju fuchsia yaitu pencampuran warna merah dan biru secara maksimum pada sistem RGB digunakan sebagai pelengkap identitas event ini, sebagai representasi kekuatan yang inovatif, inspiratif serta imajinatif di dalam pengalaman bursa kerja virtual.