Game dan Simulasi: Membuat Belajar Makin Menyenangkan

Game dan simulasi untuk pembelajaran mulai banyak dilakukan, seperti yang dikutip dari blogs.lse.ac.uk, Dimitrios Vlachopoulos dan Agoritsa Makri telah meninjau literatur tentang subjek dan menjelaskan efek positif dari permainan dan simulasi dari pembelajaran, dari domain kognitif terdapat peningkatan pemikiran yang kritis dan keterampilan pemecahan masalah, hingga peningkatan keterampilan sosial dan komunikasi.

Jenis Pembelajaran Berbasis Game

Berbagai jenis pembelajaran berbasis game telah berkembang selama bertahun-tahun, masing-masing memiliki audiens yang berbeda dan tujuan masing-masing. Berikut beberapa permainan alternatif untuk dipertimbangkan saat merancang konten pembelajaran berbasis game:

  1. Kartu Flash, Kompetisi Game Show.
    Ini paling cocok untuk aplikasi berbasis hafalan atau berbasis bor. Bermain Peran, Misi. Ini berfungsi dengan baik ketika tujuan pembelajaran adalah untuk mendorong peniruan, memperkuat praktik berkelanjutan, dan menekankan konten yang semakin menantang.
  2. Strategi, Petualangan.
    Jika tujuannya adalah untuk mengembangkan kemampuan pengambilan keputusan, atau mempertajam keterampilan membuat pilihan dan bertanya, maka jenis permainan ini adalah cara terbaik untuk melakukannya.
  3. Game Multi-Pemain.
    Jenis permainan ini paling cocok jika mendorong kolaborasi dan kerja tim adalah tujuan pembelajaran utama.
  4. Simulasi Berakhir Terbuka.
    Untuk mengajarkan eksperimen dan logika, memaparkan peserta didik pada permainan dan simulasi yang terbuka (tidak ada jawaban yang salah/benar) adalah cara terbaik untuk melakukannya.
  5. Game Jangka Waktu, Pengujian Refleks.
    Jika tujuannya adalah untuk mendorong pemikiran cepat dan pemikiran “di luar kotak”, maka jenis permainan ini ideal.

Daftar permainan tersebut adalah beberapa referensi untuk memulai game sesuai dengan tujuan pembelajarannya. Tidak ada aturan tertentu yang mengharuskan game tidak dapat dicampur adukkan, pengajar boleh saja menggabungkan lebih dari satu jenis game.

Referensi

https://elearningindustry.com/simulations-and-games-making-learning-fun

The use of games and simulations in higher education can improve students’ cognitive and behavioural skills

 

Uswah