Mempelajari teori mengenai desain instruksional tentunya akan membantu seorang instructional designer atau pun pengajar membuat sebuah pembelajaran yang bermakna. Tentunya akan memiliki pemahaman yang kuat tentang bagaimana pikiran manusia menyerap, mengasimilasi, dan menyimpan informasi.

Situated Cognition Theory

The located Cognition Theory pertama kali diterbitkan pada tahun 1989,teori ini didasarkan pada konsep bahwa “mengetahui” dan “melakukan” tidak dapat dipisahkan. Menerapkan sesuatu artinya belajar dalam konteks yang jelas. Teori ini juga menyatakan bahwa pengembangan pengetahuan didapat melalui diskusi dan tugas pemecahan masalah dalam kelompok. 

Sociocultural Learning Theory

Teori Pembelajaran Sosiokultural ditulis pada awal 1930-an, teori tersebut berkisar pada tiga elemen penting. Elemen tersebut adalah budaya, bahasa, dan zona perkembangan proksimal. Hal Ini menunjukkan bahwa lingkungan memainkan peran penting dalam perkembangan berpikir siswa. Sebagai contoh, teman sebaya memiliki kekuatan untuk memengaruhi cara siswa berpikir atau merasakan tentang subjek tertentu.

ADDIE Model

ADDIE merupakan desain instruksional yang paling populer, terdiri dari lima tahapan Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate. Lima faktor tersebut membantu instruksional desainer dalam pengembangan course eLearning secara bertahap. ADDIE menangani pengembangan eLearning lebih pada perilaku pembelajaran. Hal ini memungkinkan Desainer Instruksional untuk mempelajari kebutuhan, tujuan pembelajaran, dan hasil yang diinginkan untuk menciptakan sumber daya eLearning yang lebih personal.

Merrill’s Principles Of Instruction

Teori Merill didasarkan pada berbagai cara pembelajaran dapat difasilitasi. Setiap fase dalam proses pembelajaran memiliki peran penting untuk dimainkan. Ada empat fase inti pembelajaran: demonstrasi, aktivasi pengetahuan sebelumnya, aplikasi, integrasi ke dalam tantangan dunia nyata. Pendekatannya berpusat pada tugas.Teori ini juga melibatkan “perancah”, di mana peserta didik secara bertahap diperkenalkan pada ide dan konsep yang lebih kompleks saat pelajaran berlangsung.

Individualized Instruction

Teori Pengajaran Individual berputar di sekitar individu dan bagaimana mereka belajar. Teori memungkinkan Anda untuk pergi dengan kecepatan Anda sendiri. Ini juga memperhitungkan pelajar yang merespons preferensi belajar yang berbeda dengan lebih baik.

Individualized Instruction memiliki 4 prinsip utama, yaitu:

  1. Peserta didik harus mampu menyelesaikan pekerjaannya secara mandiri
  2. Setiap pelajaran harus diikuti dengan penilaian untuk mengukur kemajuan pelajar.
  3. Materi pembelajaran tertulis lebih disukai daripada presentasi.
  4. Fasilitator mendukung peserta didik dan menambahkan tingkat interaktivitas sosial pada pengalaman tersebut.

Taksonomi Bloom 

Teori terkenal ini pertama kali dikembangkan pada 1950-an, Bloom berfokus pada domain kognitif. Bagian teori ini bergerak ke atas hierarki proses yang dimulai dari yang paling dasar. Proses khusus ini Meliputi: Remembering, Understanding, Applying, Analyzing, Evaluating, dan Creating. Bloom juga menetapkan ada 3 domain penting yang perlu diperhatikan: kognitif, afektif, dan psikomotor.

SAM Model

Model Desain Instruksional ini memungkinkan Desainer Instruksional untuk membuat perubahan dengan melakukan langkah-langkah kecil dan beberapa iterasi. Anda mulai dengan Tahap Persiapan singkat, di mana informasi tentang proyek eLearning dikumpulkan. Kemudian ke Desain Iteratif dan Pengembangan Iteratif tempat desain tersebut dibuat dan ditinjau. Proses ini memungkinkan desain yang lebih fleksibel dengan perubahan yang cepat seiring dengan kemajuan proyek eLearning.

Lalu, Mana Model yang Terbaik?

Idealnya, teori Desain Instruksional yang dipilih harus sejalan dengan kebutuhan dan tujuan pembelajaran. Selain itu, materi pembelajaran juga memainkan peran penting dalam proses tersebut. Kuncinya adalah mengidentifikasi hasil dan kebutuhan dari pembelajaran sehingga dapat membuat daftar teori desain instruksional yang paling sesuai.

Artikel ini adalah hasil adaptasi dari artikel yang berjudul Top 7 Instructional Design Theories & Models For Your Next eLearning Course