Pengajar sering merasa kesulitan dengan bagaimana membuat sebuah course online yang baik. Course yang menarik dan mudah dipahami adalah salah satu cara supaya tujuan pembelajaran dapat tercapai. Berikut beberapa langkah supaya course dapat lebih menarik. 

Persiapan

Setiap kursus harus memiliki tujuan tertentu, buatlah tujuan secara spesifik karena akan membentuk kerangka kerja konten course. Tujuan yang spesifik juga akan memudahkan dalam mengukur pencapaian. Gunakan taksonomi Bloom untuk mengidentifikasinya. Siapapun, baik guru maupun instructional designer, harus memiliki outline untuk merencanakan konten dalam course.

Format

Tentukan format yang ingin dibuat, apakah format tersebut berbentuk Word, powerpoint, PDF, video, webinars, audio. Tentukan mana yang akan dipilih. Perlu diperhatikan format tersebut harus berdasarkan audiens, topik, bagaimana pelajar akan berlatih dan sumber belajar yang tersedia. Lalu pikirkan juga bagaimana siswa dapat mengakses course dan authoring tools apa yang akan digunakan untuk membuatnya. 

Structure

Pembelajaran harus immersive, informatif dan penuh dengan pengalaman. Salah satu elemen kritis untuk menyampaikannya adalah memiliki struktur yang padu. Buat storyboard dari course yang direncanakan lalu visualisasikan strukturnya. Dengan menggunakan storyboard, pengajar dapat membagi setiap bagian dari course satu demi satu, dan nantinya akan  terlihat bagaimana akan membentuk sebuah materi yang berkesinambungan.

Create

Jika sebagian besar course berbasis teks maka fokus pada keterbacaan dan teks tidak bertele-tele, lalu masukkan juga elemen multimedia. Jaga konten (teks dan video) tetap singkat dan mudah dicerna. 

Test

Untuk  mengetahui sudah seberapa menarik course yang dibuat, lakukanlah Uji coba kepada user untuk melengkapi course. Hasil dari feedback tersebut dapat digunakan untuk improvement bagi course selanjutnya.

Assess

Berikan tes dan tugas untuk mengidentifikasi apakah course yang disajikan menarik. Cek nilai hasil dari siswa menyelesaikan course yang telah dibuat. Hal itu dapat memberitahukan seberapa menarik course dan seberapa baik tersampaikan. 

Gamify

Gunakan gamification seperti leaderboard, badges dan level. Masukkan elemen yang menarik dan memotivasi pelajar untuk menyelesaikan tujuannya.

Reiterate

Mengecek laporan dan minta feedback secara berkala. Secara kontinyu dilakukan pengulangan dan revisi untuk improve dari engagement siswa

Dengan melakukan delapan langkah tersebut, pengajar tentunya akan bisa mengahasilkan course yang menarik dan dapat membuat siswa mengalami pembelajaran yang bermakna.

 

Artikel tersebut merupakan adaptasi dari  https://www.learnupon.com/blog/how-to-create-engaging-elearning-content/