Menciptakan Uls yang indah tapi praktis, membutuhkan waktu dengan banyak revisi. Saya tahu, saya pernah melakukan berkali-kali. Tetapi apa yang saya temukan selama bertahun-tahun adalah bahwa hanya dengan mmebuat penyesuaian yamg sederhana Anda dapat dengan cepat meningkatkan desain sedang Anda buat.

1. Gunakan Superfamilies saat Anda mencari kombinasi font yang bagus tapi cepat.

Saat Anda ingin meningkatkan keterampilan dalam menggabungkan jenis huruf dan Anda dihadapkan dengan 1000-an jenis, pilihlah superfamilies. Superfamilies adalah kumpulan typeface dengan tampilan berbagai jenis Serif dan Sans Serif dengan tujuan mereka dibuat adalah untuk memberikan harmonis visual yang erat.

Beberapa yang sangat saya rekomendasikan adalah Merriweather dan Merriweather Sans, Roboto dan Roboto Slab. Jika Anda ingin menggabungkan berbagai jenis huruf secara efektif dan tanpa khawatir untuk memilih. Kombinasi yang terlihat jelek membuat Anda untuk jarang memilih Superfamilies.

2. Kurangi jarak huruf pada judul anda untuk memberikan pandangan atau space yang lebih baik.

Mengurangi spasi huruf pada body text yang panjang? Dari saya tentu saja “tidak”, Tapi untuk judul jawaban dari saya “ya!”

Judul Anda kemungkinan besar akan jauh lebih besar daripada body text yang lain. Dari yang terlihat, jarak antara huruf terkadang tempak lebih besar, inilah yang tidak selalu Anda inginkan saat Anda mencari nilai atau estetika yang sempurna. Gunakan skala kecil dalam mengurangi jarak-huruf (letter-spacing) sehingga membuat judul Anda lebih seimbang, mudah dibaca, dan secara umum lebih menyenangkan dan enak dipandang.

3. Dapatkan ritme vertikal yang tepat untuk judul dan body text

Disaat Anda ingin mencapai ritme secara vertikal yang baik, serta hierarki visual yang kuat antara elemen teks dalam desain Anda, ada baiknya untuk mengatur Margin Anda. Saya telah melihat banyak desain, yang paling umum dalam daftar artikel dimana mereka telah menerapkan margin atas dan bawah yang sama ke heading, dan dengan demikian telah kehilangan hubungan dengan body text dibawahnya. Dalam kasus seperti ini, saya akan selalu memberikan lebih banyak margin atas ke heading dan sangat sedikit dibagian bawah sehingga hubungan antara judul dan konten dibawahnya lebih kuat sehingga terdapat irama vertikal yang baik dan hierarki visual yang dipertahankan diantara semua artikel.

4. Cobalah untuk menggunakan huruf besar pada judul pendek seperti Kickers.

Jika Anda ingin menggunakan huruf besar semua pada judul Anda, pastikan judul Anda cukup pendek sebaiknya 1 baris. Menggunakan huruf besar untuk teks yang panjang adalah ide yang sangat buruk. Salah satu tempat yang baik berada di Kickers (terkadang disebut Overlines) ini merupakan bentuk frasa – frasa singkat dan biasanya hanya beberapa kata, yang dapay muncul diatas judul Anda dan bahkan ingin menerapkan huruf kapital semua.

Dan seperti tips sebelumnya dengan menambahkan sedikit spasi huruf ke judul dengan huruf kapital semua juga dapat memungkinkan terlihat lebih baik dan enak dipandang.

5. Jika Anda dapat membuat judul pendek dan ringkas, ‘Lakukan saja!’

Jika Anda bisa dan cocok, tetap pertahankan judul yang pendek, tajam dan langsung pada inti. Sebagai contoh, setidaknya ini adalah gaya dan cara Anda, maka cukup gunakan sesuatu seperti “gaya anda, cara anda”. Pastikan pada judul yang pendek karena pasti orang akan membaca, serta makna yang kuat akan membantu mereka mencerna informasi dengan lebih cepat.

6. Saat memilih typeface yang multi-guna, cobalah temukan yang memiliki banyak bobot.

Apakah typeface yang Anda cari memiliki banyak pilihan bobot dan gaya? Coba dan pastikan jika Anda berniat menggunakannya untuk beberapa proyek Anda hanya satu bobot atau gaya. Nah, saya sarankan untuk tidak menggunakannya jika ‘Anda bisa’.

Tentu saja akan ada pengecualian dan proyek tertentu yang akan membutuhkan jenis huruf ‘hanya satu gaya’ yang lebih rumit, tapi untuk sebagian besar proyek Anda memungkinkan typografi dengan cukup banyak ‘pilihan’. Bahkan jika Anda memutuskan untuk menggunakan hanya 2 atau 3 jenis, berhenti dan bernafaslah dahulu kebih dalam untuk melanjutkan proses desain.

7. Pilih jenis huruf yang tepat untuk memberikan ‘suara’ yang benar pada desain Anda.

Saat mengerjakan teks pada sebuah proyek, dalam hal memilih jenis huruf yang tepay akan memengaruhi jenis suara yang digunakan dalam teks Anda, bisa jadi keras atau lembut, ramah atau formal, serius atau menyenangkan.

Setiap typeface memiliki suara khasnya sendiri, dan ini semua tentang menemukan suara yang sesuai untuk proyek yang sedang Anda kerjakan. Saat Anda baru saja bekerja dengan typeface, ini dapat terlihat menakutkan. Jadi jangan takut untuk terinspirasi oleh proyek serupa diluar sana dan ambilah ide-ide yang tampak didepan Anda untuk membantu Anda dalam membuat keputusan serta meningkatkan pemahaman Anda tentang apa itu ‘cocok’.

Artikel merupakan terjemahan dari artikel asli yang berjudul “7 tips to quickly improve your UIs” oleh Marc Andrew yang diterbitkan pada situs medium.com