Saat artikel ini ditulis, total Plugin yang ada di WordPress.org mencapai 58.029 Plugin. Dari jumlah yang banyak tersebut, ada 5 plugin yang sangat membantu saya untuk membangun sebuah situs WordPress. Jadi bahasan artikel kali ini adalah opini pribadi saya sendiri.

WordPress Plugin: https://wordpress.org/plugins/

01. CMB2
CMB2 adalah plugin WordPress untuk membuat Custom Meta Box, Custom Fields dan Form. CMB2 dapat digunakan pada tipe Post, Page, Taxonomy (Category, Tags), Custom Post Type dan juga bisa digunakan sebagai Web Option.

Saya gunakan CMB2 karena mudah sekali pengunaannya dan banyak pilihan tipe input form yang dapat digunakan (35 tipe saat artikel ini ditulis).
https://cmb2.io/docs/field-types

Link: https://wordpress.org/plugins/cmb2/

02. Contact Form 7
Untuk plugin yang satu ini pasti banyak juga yang setuju karena memang salah satu plugin yang sangat popular dikalangan user WordPress karena kemudahannya untuk membuat form pada situs WordPress.

Selain dapat di customize bentuk dan struktur form nya, hasil form yang dibuat pun sangat mudah untuk di embed ke dalam sebuah halaman WordPress karena sudah berbentuk Shortcode.

Link: https://wordpress.org/plugins/contact-form-7/

03. Contact Form 7 Database Addons (CFDB7)
Kalau sebelumnya adalah untuk membuat form pada situs WordPress, plugin yang satu ini adalah sebuah addons dari Contact Form 7 yang digunakan untuk menampung data yang dikirim oleh user ke dalam Database WordPress.

Tinggal install saja, data yang masuk akan otomatis tersimpan di Database.

Link: https://wordpress.org/plugins/contact-form-cfdb7/

04. Email Log
Email Log adalah plugin yang digunakan untuk menampilkan layout email yang terkirim ke user atau subscriber. Saya gunakan plugin ini karena saat website masih di Localhost tidak dapat mengirimkan email sehingga saya tidak tahu tampilan email saat diterima oleh penerima email.

Dengan Email Log, setiap email yang terkirim akan tercatat dan ditampilkan bentuk layout emailnya.

Link: https://wordpress.org/plugins/email-log/

05. Regenerate Thumbnails
Terakhir adalah plugin Regenerate Thumbnail. Plugin yang digunakan untuk men-generate ulang thumbnail yang sudah ada.

Jika ada ukuran yang kurang sesuai, saya dapat mengatur ulang ukuran tersebut lalu dengan plugin ini akan di generate kan ulang sesuai ukuran yang sudah di ubah tersebut.

Link: https://wordpress.org/plugins/regenerate-thumbnails/

Photo by Jan Antonin Kolar on Unsplash