Mungkin banyak diantara kita yang sudah memahami cara yang baik dalam menulis sebuah naskah, baik naskah cerita maupun naskah pelajaran yang ingin disampaikan. Tapi bagaimana dengan menulis naskah untuk sebuah video pembelajaran, tentunya hal tersebut berbeda tantangannya dengan naskah biasa.

Apa yang membedakan naskah biasa dengan naskah untuk sebuah video yang baik?

Naskah video yang baik dapat menghubungkan isi video dengan penonton dengan cara yang sederhana dan alami. Oleh sebab itu penulis naskah video terbaik adalah mereka yang dapat menulis naskah yang berasal dari pikiran. Kriteria sebuah naskah yang baik memiliki beberapa karateristik yang harus dipenuhi, yaitu pertama adalah naskah yang menggunakan bahasa sederhana atau bahasa sehari-hari, naskah dengan kalimat yang pendek dan tida berbelit-belit, naskah berisi percakapan-percakapan yang alami , dan yang terakhir keseluruhan naskah tersebut tidak begitu panjang sehingga tidak membuat durasi video juga menjadi panjang.

Lalu, bagaimana cara penulis memenuhi kriteria naskah yang baik tersebut?

Berikut ini adalah beberapa rahasia cara menulis naskah video yang baik dan menarik :

  1. Buat Sebuah Rangkuman Singkat

    Sebelum menulis naskah, anda harus membuat sebuah rangkuman singkat yang berisi tentang informasi video yang akan dibuat. Informasi tersebut diantaranya adalah identifikasi dari tujuan dibuatnya video, pesan inti video, karakteristik peserta yang akan menggunakan video, dan tipe video yang akan dibuat. Hal ini bertujuan untuk mengarahkan anda dalam memulai penulisan naskah. Anda bisa bertanya pada diri sendiri dan mencatat poin-poin penting untuk memahami dengan jelas bagaimana hasil video pembelajaran yang anda inginkan. Bayangkan juga anda seolah-olah menjelaskan video tersebut seperti berada di kelas asli. Keadaan ini akan membuat anda lebih mengalir dalam menulis naskah tersebut.

  2. Memikirkan Nada yang Terucap

    Nada dalam pengucapan adalah salah satu bagian terpenting dalam menulis naskah video anda. Karena dengan demikian, suara video tersebut dapat membantu proses belajar anda menjadi lebih menarik. Jika topik yang ingin dijelaskan terlihat sulit dan serius, anda harus mencoba menambahkan sedikit efek humor ke dalam video agar lebih menyenangkan. Namun, meskpun terlihat menyenangkan video juga tetap harus memiliki tujuan edukatif. Pertimbangakan juga karakteristik pengisi suara yang terlibat, pastikan sudah sesuai dengan nada naskah yang sudah anda buat.

  3. Tambahkan Sebuah Cerita atau Kisah

    Sebuah cerita atau kisah selalu menarik dalam pikiran manusia. Dalam video pembelajaran, membuat naskah teori dalam bentuk cerita dapat mengubah teori yang membosankan menjadi menarik. Bercerita dapat dilakukan dengan metode pembelajaran berbasis skenario. Skenario yang dimaksud adalah konten yang realistis. Cerita yang disampaikan harus memiliki pesan yang kuat , memicu emosi peserta dan tentunya dapat memotivasi pelajar untuk memahami teori sehingga meningkatkan hasil belajarnya.

  4. Berikan Sebuah Ajakan untuk Melakukan Sebuah Tindakan di Akhir Naskah

    Di akhir naskah yang anda buat, berikan sebuah seruan atau ajakan untuk peserta melakukan sesuatu setelah mereka menonton video yang anda buat. Dengan demikian, peserta didik tahu harus melakukan apa setelah mereka menonton video. Ajakan untuk melakukan sebuah tindakan ini bermacam-macam bentuknya, seperti contoh : “Kunjungi situs kami untuk menyaksikan video menarik lainnya.” Usahakan ajakan tersebut untuk mengarahkan peserta didik untuk tetap belajar.

  5. Evaluasi Kembali Naskah yang Sudah Anda Buat

    Tinjau ulang kembali naskah yang sudah selesai anda buat. Melakukan evaluasi bertujuan untuk memberikan kesempatan anda merevisi kembali naskah yang sudah tertulis, dengan begitu akan meminimalisir kesalahan atau anda dapat menghilangkan informasi yang dirasa tidak perlu atau menganggu. Sehingga video yang anda buat akan tetap pada intinya.

Sekian tips yang dapat anda gunakan dalam membuat naskah video pembelajaran. Anda dapat meminta bantuan dari rekan kerja anda untuk melakukan evaluasi untuk dapat masukan dari mereka. Pastikan naskah tersebut menarik, mudah mengerti dan pastinya tepat pada tujuan pembelajaran.