Macam- macam Digital Desainer dan Cara Mereka Bekerja

Saat ingin menggunakan jasa desainer digital, penting diingat bahwa disiplin ilmu dalam bidang desain digital luas sama beragamnya dengan desainer itu sendiri, dan pastikan menemukan desainer yang tepat untuk pekerjaan Anda.

Anda bisa mulai dengan mencari desainer di platform freelance desainer atau situs portofolio seperti Behance atau Dribbble. Saat melihat portofolio desainer, perhatikan jenis pekerjaan yang telah mereka kerjakan untuk menentukan apakah mereka menawarkan jenis pekerjaan yang Anda butuhkan.

Meskipun banyak desainer mengerjakan banyak pekerjaan berbeda di media yang berbeda, berikut adalah deskripsi singkat tentang disiplin ilmu tertentu dalam desain digital.

Graphic Designer

Seperti yang telah dibahas pada bagian 1 sebelumnya, desain grafis identik dengan cetak, tetapi dalam prakteknya menjadi istilah umum bagi semua pekerjaan design khususnya dalam hal branding. Dalam hal digital design seorang desainer grafis dapat membantu pekerjaan art direction, tipografi, warna dan aset grafis seperti ikon dan ilustrasi.

Web Designer

Spesialisasi seorang web designer adalah dalam hal tata letak dan desain visual situs web, landing page dan halaman yang terkait lainnya, termasuk mengerjakan layout desain untuk versi tablet dan mobile. Selanjutnya mock up tersebut akan diserahkan pada klien untuk diserahkan pada developer, beberapa diantaranya sekaligus menawarkan layanan pengembangan front-end menggunakan bahasa pemrograman seperti HTML dan CSS.

App Designer

Seorang app designer memiliki spesialisasi dalam desain visual untuk mobil apps, biasanya app designer akan bekerja sama dengan UX designer. App Designer juga akan mengirimkan mock up secara offline untuk kemudian developer dibutuhkan untuk membuat aplikasi tersebut berfungsi.

UX Designer

UX Designer menggabungkan riset dari pengguna dan prinsip kegunaan standar untuk membuat kerangka kerja tentang bagaimana pengguna akan berinteraksi dengan digital desain. Hasilnya dalam bentuk wireframes atau prototipe yang akan menjadi tata letak dasar dan pilihan estetika desain oleh web designer atau app designer.

UI Designer

UI Designer memiliki spesialisasi pada desain button, bidang pada teks dan elemen interaktif lainnya dari digital desain. Tujuannya untuk menciptakan tampilan yang menyenangkan dan konsisten pada antarmuka, dan mereka biasanya akan memberikan panduan gaya dan template untuk bagian dari komponen interaktif.

Product Designer

Product Designer terkait erat dengan UX Designer, tetapi mereka membuat keputusan tentang bagaimana produk digital design mereka harus berjalan dan layanan apa yang harus ditawarkan.

Interaction Designer

Interaction Designer merancang setiap interaksi yang dialami pengguna dalam produk digital design. Setiap kali pengguna mengklik sesuatu atau menggulir ke bawah halaman mereka menerima umpan balik visual (biasanya animasi pendek) yang dibuat oleh Interaction Designer.

Animator

Animator bertugas mendesain animasi khusus sesuai dengan kebutuhan dalam digital design. Berbeda dengan Interaction Designers, dalam animasi ini biasanya lebih kompleks.

Referensi

Referensi