Perbedaan Arti Kata Efektif dan Efisien

Kata efektif dan efisien merupakan kata yang sering diucapkan di dunia pendidikan dan pekerjaan. Efisien dan efektif kebanyakan menjadi satu standar tujuan yang dicapai. Efektif dan efisien juga menjadi faktor penilaian dari suatu keberhasilan yang didapat. Namun masih banyak yang belum mengetahui arti dan perbedaan antara kedua kata tersebut. Dalam artikel berikut ini, penulis mencoba menjelaskan secara sederhana arti dan perbedaan dari kata efektif dan efisien.

Pengertian Efektif
Menurut KBBI, kata efektif berkaitan dengan kata efek, efektif berarti menimbulkan akibat, manjur, berhasil dan berlaku. Dari kata tersebut efektif bisa dibilang sebagai suatu akibat yang mengarah positif dan berhasil. Namun dalam pengertian umum lainnya, Efektif adalah sebuah usaha untuk mendapatkan tujuan, hasil dan terget yang diharapkan dengan tepat waktu. Sehingga bisa disimpulkan bahwa suatu pekerjaan dapat dikatakan efektif jika tujuan yang ditetapkan sebelumnya berhasil untuk dicapai.

Pengertian Efisien
Menurut KBBI, kata efisien adalah melakukan pekerjaan dengan tepat dan mampu menjalankan tugas dengan cermat, dan berdaya guna. Pengertian umum menjelaskan efisien adalah usaha yang mengharuskan penyelesaian pekerjaan dengan tepat waktu, cepat dan memuaskan. Sehingga egisien berkaitan erat dengan ketepatan waktu tanpa harus mengeluarkan biaya atau cost yang berlebihan.

Perbedaan Efektif dan Efisien
Sebuah pekerjaan harus dilakukan secara efektif dan efisien agar hasil yang didapatkan lebih maksimal. Perbandingan dari pekerjaan yang dilakukan secara efektif dan efisien dapat dilihat dalam daftar berikut:

  • Pekerjaan Efektif dan Efisien
    Tujuan dapat tercapai dengan capat dan biaya yang hemat
  • Efektif tapi Tidak Efisien
    Tujuan dapat tercapai dengan cepat namun biaya yang dikeluarkan tinggi
  • Tidak Efektif tapi Efisien
    Tujuan lama tercapai atau bahkan tidak tercapai karena cara-cara untuk mencapai tujuan yang tidak jelas namun biaya sedikit
  • Tidak Efektif dan Tidak Efisien
    Tujuan lama tercapai atau besar kemungkinan tidak tercapai, beban yang dikeluarkan tinggi karena pekerjaan tidak dilakukan dengan langkah-langkah yang benar tanpa perhitungan biaya.

Demikian perbedaan yang ada pada kata efektif dan efisien, semoga anda lebih memahami arti dari keduanya agar anda dapat melakukan usaha yang terbaik untuk organisasi anda.

Referensi:
https://salamadian.com/

Sumber Gambar:

Unsplash.com

Grace