Pandemi COVID-19 masih menjadi masalah utama masyarakat global saat ini. Para ilmuwan di seluruh dunia masih terus berusaha menciptakan vaksin dan obat yang dapat memutus mata rantai penyebaran virus ini. Selain dengan vaksin dan obat, upaya menekan penyebaran virus dapat juga dilakukan melalui penerapan social distancing maupun physical distancing; membatasi kunjungan ke tempat ramai dan juga menjaga jarak fisik sesuai dengan Protokol Kesehatan. Prihatin dengan kondisi ini, Tim Dosen BINUS University dipimpin oleh Prof. Dr. Ir. Widodo Budiharto, S.Si., M.Kom., IPM., menciptakan robot berbasis Artificial Intelligence sebagai bentuk kontribusi dan pengabdian masyarakat di masa pandemic COVID-19.

Nayakalara, dari Bahasa Sanskerta yang bermakna para prajurit yang bertempur melawan wabah penyakit yang berjangkit serempak di muka bumi. Para prajurit adalah robot-robot dengan beragam kemampuan yang dikembangkan untuk membantu manusia mengurangi resiko penularan masif wabah penyakit. Bagai batalion tempur yang siap bersanding bahu membahu bersama umat manusia dalam perang terbesar yang pernah terjadi di muka bumi, perang melawan pandemi Corona Covid-19.

Identitas visual yang dirancang untuk robot-robot ini tervisualisasi dari elemen huruf ‘N’ yang terbentuk dari dua sayap terbentang. Dipadukan dengan logotype yang dipilih dari typeface dasar san serif yang telah dimodifikasi pada beberapa bagian stroke-nya.

Nayakalara terdiri dari Robot Disinfektan yang dapat membantu melakukan penyemprotan disinfektan dan Robot Food Delivery and Monitoring yang dapat membantu mengecek kondisi pasien dan mengantar makanan dan minuman.

 

 

Konsep: @widhyatmoko
Desain Logo: @rinakmaudhy