Di tengah masa Pandemi saat ini, melakukan pekerjaan di rumah (remote working) menuntut kita untuk cepat beradaptasi dengan keadaan. Ada yang sudah terbiasa melakukan pekerjaan secara remote working, namun ada juga yang hanya dapat bekerja bila di kantor saja. Hal tersebut juga berpengaruh pada organisasi dan tim anda. Terasa atau tidak, remote working akan memberikan pengaruh pada hasil pekerjaan apabila kekompakan dalam tim tersebut sulit untuk dipertahankan apabila dibandingkan bekerja dan bertemu di kantor. Membangun kekompakan dalam tim dalam remote working biasa disebut dengan istilah Virtual Team Building. Apasih Virtual Team Building itu ?

Virtual Team Building adalah cara-cara untuk membangun hubungan yang lebih kuat antara sesama anggota tim dari jarak jauh. Cara yang sama seperti membangun tim di dunia nyata, membangun tim secara virtual untuk berfokus pada peningkatan ketrampilan seperti komunikasi dan kolaborasi, meningkatkan persahabatan dan keselarasan. Berdasarkan hal tersebut, hal yang dapat kita lakukan untuk tetap mempertahankan solidaritas antar anggota dalam tim anda secara virtual adalah dengan tetap terjaganya komunikasi. Dengan memberikan dan mendapatkan respon dengan cepat antar sesama tim, maka rasa solidaritas tersebut akan tetap terjaga. Pekerjaan yang dilakukan pun akan dapat diselesaikan tanpa harus bertemu di ruang kantor.

Berikut ini adalah beberapa tips Virtual Team Building yang bisa diterapkan saat bekerja dari rumah :

Tetapkan Tujuan dan Srategi Kerja bersama

Menetapkan tujuan dalam pekerjaan akan memberikan dampak positif kepada sesama tim, karena dengan adanya tujuan, komunikasi yang dilakukan sudah terarah jelas kemana ujungnya. Dengan ditetapkannya tujuan, akan dapat meminimalisir kesalahpahaman karena kurangnya komunikasi. Mencapai tujuan yang ditetapkan bersama, menuntut setiap anggota untuk bekerja sama dalam menentukan strategi kerja seperti apa yang nyaman untuk dilakukan oleh masing-masing anggota. Setiap tim sudah harus mengetahui, kapan waktunya untuk berdiskusi secara online, kapan dapat menyediakan waktunya untuk menyelesaikan tanggung jawab hingga samapai menentukan waktu untuk memberikan laporan. Pekerjaan juga dapat di dokumentasikan dengan baik untuk mengurangi bukti kesalahpahaman yang mungkin akan terjadi. Sehingga tentukan dahulu tujuan atau target pencapaian dari organisasi kamu ya.

Manfaatkan Perkembangan Teknologi

Perkembangan teknologi komunikasi saat ini sudah sangat maju dan membantu memudahkan komunikasi antar tim. Saat ini kita sudah banyak mengenal aplikasi komunikasi seperti Chat room, Online Meeting, Video Conference, Webinar dan aplikasi online lainnya dengan keunggulannya masing-masing. Dengan teknologi tersebut, kita dapat lebih mudah menjalankan diskusi dengan rekan kerja tanpa harus bertemu langsung di ruang rapat kantor. Teknologi tersebut juga bisa digunakan untuk tetap saling tukar pikiran secara langsung dengan Video Conference, sehingga tidak ada kesulitan yang berarti untuk kamu melakukan diskusi dengan tim kamu.

Sepakati Jadwal dan Jam Khusus yang Harus Disepakati dengan Anggota

Tantangan bekerja dari rumah adalah sulitnya mengatur waktu antara bekerja dan mudah terdiktrasi oleh lingkungan rumah. Oleh sebab itu, tentukan satu jadwal dalam setiap minggunya yang harus disepakati oleh seluruh anggota tim, agar tidak ada yang berhalangan untuk mengikutinya. Jadwal dan jam khusus tersebut bisa dilakukan 1 – 2 kali dalam seminggu. Hal itu bertujuan agar setiap anggota tahu keadaan masing-masingnya rekannya dan tetap solid. Komunikasi tetap berjalan dan pekerjaan tidak terhambat.

Pertemuan Online tidak Harus Selalu Membahas Pekerjaan

Rasa rindu untuk bertemu dengan sesama rekan kerja dan rasa mudah jenuh cenderung dapat menghampiri saat bekerja dari rumah. Agar melakukan  pekerjaan terasa lebih ringan, maka sesekali buat pertemuan online dengan jadwal yang sudah disepakati untuk membahas hal-hal di luar pekerjaan, seperti membahas hobby masing-masing rekan kerja, menceritakan pencapaian lain di luar pekerjaan atau melakukan permainan tim secara online. Hal tersebut dapat mengantisipasi rasa jenuh dan bosan karena kurangnya bersosialisasi secara langsung.

Demikian ke 4 tips diatas, bila diterapkan dengan maksimal. Tim kamu akan lebih solid lagi dan pekerjaan anda dapat diselesaikan dengan maksimal. Jaga terus semangat dan kesehatan kamu ya.

 

 

Source :
www.studilmu.com
www.gadjian.com

Image by Unsplash