Cuci Tangan, Cara Paling Murah dan Efisien Terhindar dari Corona

Takut, gelisah, sedih, khawatir tentu perasaan – perasaan semacam itu yang dirasakan masyarakat saat ini. Corona bsia dengan mudahnya menyebar dari satu orang ke orang lainnya. Penyebarannya cepat dan seringkali kita tidak menyadarinya bahwa kita rentan terinfeksi Corona.

Menurut situs WHO, virus corona dapat dengan mudah menyebar melalui droplet atau percikan dari seseorang yang bersin/batuk. Jika seseorang terinfeksi lalu bersin/batuk tanpa menutup mulut dan hidungnya, droplet yang keluar itu akan dapat menempel pada benda atau pun orang lain, jika orang itu menyentuh benda yang terkena droplet maka orang itu akan terinfeksi corona pula. Jadi, cara terbaik adalah menghindari droplet orang yang sakit.

Cuci Tangan Sesering Mungkin

Terdengar seperti hal yang biasa saja bukan? Cuci tangan memang setiap hari kita lakukan. Namun cuci tangan di tengah pandemi merupakan langkah yang sangat tepat untuk terhindar dari virus ini. Tangan yang kotor merupakan sumber penularan penyakit yang paling mudah. Tangan merupakan bagian tubuh yang paling sering digunakan dan paling banyak memegang benda atau pun tidak sengaja bersentuhan dengan orang lain.

Bagaimana Cuci Tangan yang Benar?

  1. Walaupun setiap hari kita mencuci tangan,namun apakah kita tahu kita sudah mencuci tangan dengan benar? Cuci tangan yang benar dilakukan dalam beberapa langkah sederhana, seperti yang dikutip dari situ WHO sebagai berikut.
  2. Gunakan air mengalir dan sabun
  3. Usapkan pada telapak tangan, gosok hingga berbusa
  4. Gosoklah sela sela jari
  5. Gosok bagian punggung tangan
  6. Gosok ibu jari dengan cara memutar
  7. Lalu keempat jari diusapkan ke arah telapak tangan
  8. Gosok juga bagian pergelangan tangan
  9. Bilas dengan air mengalir

Mengapa Mencuci Tangan itu Penting?

Mencuci tangan dengan sabun lebih efektif ketimbang hanya menggunakan cairan pencuci tangan berbasis alkohol. Mencuci tangan dengan sabun lebih banyak membersihkan kuman/virus daripada hand sanitizer. Pada proses mencuci tangan dengan air dan sabun, virus yang ada di tangan yang kotor akan terperangkap oleh sabun, lalu bagian sabun yang lain akan mengikat air, dan virus pun akan ikut terbawa bersama air ketika kita membilas tangan.

Salah satu cara mencegah tertularnya virus adalah dengan mencuci tangan. Cuci tangan memang sederhana, cuci tangan juga hal yang mudah serta murah dilakukan. Budayakan cuci tangan tak hanya saat pandemi saja, tapi juga kebiasaan selamanya.