Kata Visi dan Misi merupakan kata yang sering disebut dalam sebuah organisasi. Biasanya visi dan misi diucapkan ketika merumuskan sebuha rencana organisasi kedepan. Visi dan Misi juga berlaku untuk setiap individu yang mempunyai rencana kedepannya. Begitu banyak kata visi dan misi terucap, ternyata masih banyak orang yang belum mengetahui secara jelas, apasih bedanya visi dengan Misi?
Dalam artikel ini akan kita coba bahas dengan sederhana apa perbedaan antara visi dengan misi.

Pengertian Visi

Menurut KBBI, ada beberapa pengertian dari kata visi, yaitu kemampuan untuk meilihat inti persoalan, pandangan atau wawasan kedepan dan kemampuan untuk merasakan sesuatu yang tidak tampak melalui kehalusan jiwa dan ketajaman penglihatan. Sehingga dari pengertian ini kita bisa menyimpulkan bahwa visi adalah sebuah gagasan yang berorientasi pada masa depan. Menurut penulis sendiri, Visi merupakan sebuah cita-cita yang ingin dicapai di masa mendatang. Namun terkadang visi tersebut dapat berubah-ubah karena dipengaruhi oleh perkembangan zaman atau lingkungan yang sulit untuk di prediksi di masa depan.  Sehingga  visi yang sudah ditetapkan adalah sebuah pengingat untuk mencapai sebuah hasil.

Pengertian Misi

Berbeda dengan Misi, Menurut KBBI sendiri memiliki artian sebagai peruntusan, tugas, atau kegiatan. Sehingga dapat kita lihat bahwa misi adalah sesuatu yang dilakukan, Pengertian umum dari misi adalah langkah-langkah yang akan dilakukan sesuai dengan visi yang ditetapkan. Bila Visi adalah pernyataan cita-cita di masa depan, misi adalah pernyataan tentang apa yang harus dilakukan. Misi dibuat untuk mempermudah pencapaian visi. Tentunya pembuatan misi ini berdasarkan dari keadaan yang ada saat ini, menganalisa kesenjangan yang ada dan mengikuti perkembangan teknologi yang ada. Sehingga bisa disimpulkan bahwa misi adalah metode dan nilai kerja yang memberikan petunjuk untuk mewujudkan visi.

Perbedaan Visi dan Misi

Dari kedua pengertian diatas , dapat dilihat perbedaannya bahwa visi merupakan sesuatu yang dicapai sedangkan misi adalah kegiatan untuk mencapai sesuatu tersebut. Meskipun berbeda pengertian, namun visi dan misi merupakan sebuah kesatuan yang harus berjalan beriringan.

Demikian yang dapat kita ulas secara sederhana perbedaan anatar visi dan misi. Semoga membantu anda dalam merumuskan visi misi anda sebagai individu ataupun organisasi.

Referensi :
https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/misi
https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/misi

Sumber Gambar:

Unsplash.com