Photo by Vladislav Muslakov on Unsplash

Komputer merupakan peralatan vital dalam berbagai pekerjaan dan kegiatan. Namun, terlalu lama menggunakan komputer dapat meningkatkan peluang untuk mengalami cedera. Penggunaan komputer yang tidak tepat dapat menyebabkan nyeri otot dan persendian, cedera bahu, lengan, pergelangan tangan atau tangan, dan kelelahan mata.

Kita dapat mengurangi atau menghindari risiko ini dengan menggunakan furnitur yang benar, postur tubuh yang lebih baik, dan kebiasaan yang baik, seperti beristirahat dan membatasi waktu yang dihabiskan untuk menggunakan komputer.

Cedera terkait postur karena penggunaan komputer

Nyeri punggung dan leher, sakit kepala, dan nyeri bahu dan lengan adalah cedera umum yang berhubungan dengan komputer. Masalah otot dan persendian itu dapat disebabkan atau diperburuk oleh desain workstation (meja) yang buruk, postur tubuh yang tidak baik dan duduk untuk waktu yang lama.

Meskipun duduk membutuhkan lebih sedikit usaha otot daripada berdiri, namun masih dapat menyebabkan kelelahan fisik. Posisi duduk dalam jangka waktu lama akan menahan bagian-bagian tubuh tidak bergerak. Hal ini dapat mengurangi sirkulasi darah ke otot, tulang, tendon, dan ligamen sehingga terkadang menyebabkan kekakuan dan rasa sakit. Jika meja kerja tidak diatur dengan benar, posisi statis ini dapat memberi tekanan lebih besar pada otot dan persendian.

Berikut tips untuk mencegah cedera otot dan persendian yang terkait dengan komputer:

  • Duduk di kursi yang dapat disesuaikan dan dirancang khusus untuk digunakan dengan komputer.
  • Atur monitor (layar) komputer setinggi mata atau sedikit lebih rendah.
  • Letakkan keyboard pada ketinggian yang memungkinkan siku untuk beristirahat dengan nyaman di sisi tubuh. Penempatan lengan saat mengetik harus kira-kira sejajar dengan lantai dan sejajar dengan keyboard.
  • Sesuaikan kursi sehingga kaki rata di lantai, atau gunakan tumpuan kaki.
  • Gunakan kursi ergonomis, yang dirancang khusus untuk membantu tulang belakang menahan lekukan alami saat duduk.
  • Gunakan keyboard yang ergonomis sehingga tangan dan pergelangan tangan berada pada posisi yang lebih alami.
  • Sering-seringlah beristirahat sejenak dan berjalan-jalan, atau lakukan latihan peregangan di meja. Sering berdiri.

Cedera tangan atau lengan akibat terlalu sering menggunakan komputer

Gerakan berulang dan postur yang buruk dapat menyebabkan otot dan tendon nyeri. Bagi pengguna komputer, cedera ini dikenal sebagai ‘cedera yang berlebihan/overuse injury’ dan biasanya terjadi pada siku, pergelangan tangan, atau tangan. Gejala-gejala dari cedera ini termasuk rasa sakit, bengkak, kekakuan pada persendian, kelemahan dan mati rasa.

Tips untuk menghindari cedera berlebihan pada tangan atau lengan antara lain:

  • Gunakan mouse pada ketinggian yang sama dengan keyboard dan diposisikan dengan benar.
  • Posisikan mouse sedekat mungkin ke sisi keyboard.
  • Gunakan seluruh lengan, bukan hanya pergelangan tangan saat menggunakan mouse.
  • Mengetik dengan ringan dan lembut.
  • Lepaskan tangan dari keyboard saat tidak mengetik secara aktif agar lengan terasa rileks.

Kelelahan mata akibat penggunaan komputer

Memusatkan mata pada titik jarak yang sama untuk waktu yang lama menyebabkan kelelahan. Mata manusia secara struktural lebih suka melihat benda-benda lebih dari enam meter jauhnya, sehingga setiap pekerjaan yang dilakukan dari jarak dekat menempatkan tuntutan ekstra pada otot mata.

Layar komputer yang menyala juga dapat menyebabkan kelelahan mata. Meskipun tidak ada bukti bahwa kelelahan mata merusak penglihatan, pengguna komputer mungkin mendapatkan gejala seperti penglihatan kabur, ketidakmampuan sementara untuk fokus pada objek yang jauh dan sakit kepala.

Tips untuk menghindari kelelahan mata dari penggunaan komputer meliputi:

  • Pastikan sumber cahaya utama (seperti jendela) tidak menyinari wajah atau langsung ke layar komputer.
  • Miringkan layar sedikit untuk menghindari pantulan atau silau.
  • Pastikan layar tidak terlalu dekat dengan wajah
  • Letakkan layar setinggi mata atau sedikit lebih rendah.
  • Kurangi kontras dan kecerahan layar dengan menyesuaikan kontrol.
  • Sering-sering memalingkan muka dari layar dan fokus pada objek yang jauh.
  • Lakukan pemeriksaan mata secara teratur untuk memeriksa apakah ada kekaburan, sakit kepala, dan masalah terkait lainnya tidak disebabkan oleh gangguan apapun.

Cedera berkaitan dengan penggunaan laptop

Meningkatnya penggunaan laptop menyebabkan lebih banyak rasa sakit, ketegangan dan cedera di kalangan pengguna komputer. Laptop dirancang untuk digunakan dalam waktu singkat ketika seseorang tidak dapat mengakses komputer desktop. Belakangan ini banyak orang menggunakan laptop setiap saat. Namun masalahnya adalah monitor dan keyboard laptop sangat berdekatan. Untuk menempatkan monitor pada ketinggian yang tepat untuk punggung dan leher menyebabkan kita mengangkat lengan dan bahu terlalu tinggi. Tetapi untuk menempatkan keyboard pada ketinggian terbaik untuk lengan dan bahu, kita harus membungkukkan bahu dan leher untuk melihat monitor. Selain itu, membawa laptop untuk bepergian juga dapat membuat otot dan persendian menjadi tegang.

Tips untuk mengurangi risiko cedera dari bahaya menggunakan laptop meliputi:

  • Gunakan komputer desktop yang diatur dengan benar alih-alih laptop sesering mungkin.
  • Gunakan peralatan periferal, seperti stasiun dok, dudukan keyboard, mouse dan laptop terpisah.
  • Sering-seringlah beristirahat.
  • Bawalah laptop di tas punggung atau koper beroda.

Artikel ini merupakan terjemahan dari artikel asli dengan judul “Computer-related injuries” yang diterbitkan pada situs https://www.betterhealth.vic.gov.au. Untuk melihat lebih lengkap mengenai topik ini silahkan klik pada tautan berikut Link