Instructional Designer merupakan profesi yang belum sering didengar oleh banyak orang. Kebanyakan orang mengira bahwa pekerjaan sebagai instructional designer adalah sebagai pemberi instruksi atau sebagai seorang desainer. Banyak yang belum paham akan apa job desk dari seorang Instructional Designer. Apakah kamu salah satunya? Kalau iya, mari simak artikel berikut untuk mengetahui arti dari profesi Instructional Designer dan tugasnya.

Seiring dengan berkembangnya zaman dan teknologi, penyampaian materi dalam belajar dirasa semakin kompleks. Yang dulunya belajar hanyalah proses yang terjadi disebuah ruang kelas dengan perangkat papan tulis, buku, dan alat tulis lainnya, saat ini proses pembelajaran dapat terjadi dimana saja selama terhubung dengan koneksi internet, tetapi koneksi internetpun juga memiliki kendala dalam proses belajar, yaitu menjadi alat distraksi atau pengalihan fokus.

Bayangkan, saat kita sedang mengakses atau belajar melalui platform yang kita pilih, lalu kita beralih ke aplikasi lain dikarenakan notifikasi-notifikasi yang ada di smartphone kita. Saat itu juga proses belajar terhenti dan besar kemungkinan kita menunda atau tidak melanjutkan proses belajar tersebut.

Disinilah fungsi dari seorang Instructional Designer berperan penting, dengan keahlian dimilikinya, Instructional Designer diharapkan dapat merancang pembelajaran secara menarik dan efektif. Instructional Designer bertugas  merangkum materi dan menyusun materi sehingga mudah dipelajari. Output dari materi yang dirancangpun bisa non-digital atau digital.

Umumnya sebelum menyusun dan mengembangkan materi, Instructional Designer menyesuaikan dengan target, siapa yang nantinya akan menggunakan konten tersebut. Setelah disesuaikan, instructional designer akan mulai merancang pembelajaran yang materinya telah disiapkan oleh Subject Matter Expert, yaitu mereka para ahli dibidangnya. Perancangan materi pembelajaran akan dilakukan bersama dengan cara diskusi dengan SME. Setelah perancangan selesai, apabila merupakan konten digital, makan akan diperlukan tahap pengembangan oleh tim devekoper dan animator.

Ya, itulah jobdesk dari seorang Instructional Designer. Jadi cukup jelas kan? Profesi ini juga diramalkan sebagai profesi yang paling dicari dalam 5 tahun kedepan dikarenakan pesatnya perkembangan teknologi.