Apa itu Critical Thinking?

Critical thinking atau berpikir kritis merupakan keterampilan yang memungkinkan seseorang membuat keputusan yang logis, berdasarkan informasi yang didapat dan diolah sesuai kemampuan.  Menurut www.wabisabilearning.com definisi dari berpikir kritis sebagai sebuah pemikiran yang jelas, rasional, logis dan mandiri. Hal itu tentang meningkatkan pemikiran dengan cara menganalisis, menilai dan merekonstruksi. 

Ciri Seorang Critical Thinking

  1. Memiliki Rasa Ingin Tahu
  2. Kreativitas
  3. Tekun
  4. Obyektif

Seorang critical thinker dalam menghadapi sebuah persoalan/permasalahan akan berusaha untuk menemukan informasi yang relevan, menanyakan pertanyaan yang bermakna, mempertimbangkan sudut pandang alternatif, mengaplikasikan logika dan alasan yang masuk akal, menghindari asumsi dan mempertimbangkan segala kesempatan.

Apa itu Analytical Thinking?

Seperti yang dikutip dari www.wabisabilearning.com analytical thinking adalah sebuah aksi memecahkan sesuatu yang kompleks menjadi sebuah informasi yang lebih sederhana dan dapat dengan mudah dipahami.

Ciri Seorang Analytical Thinking

  1. Kritis
  2. Solutif
  3. Komunikator

Seorang yang memiliki kemampuan analytical thinking biasanya mampu untuk mengidentifikasi sebuah masalah, menemukan fakta – fakta dan bukti yang relevan, menyederhanakan informasi, menggunakan logika dan beralasan. Seorang yang memiliki kemampuan analytical thinking juga biasanya akan mengevaluasi opini dan sudut pandang dari diri sendiri, menyimpulkan lalu menyimpulkan sebuah pengetahuan baru.

Apa itu Creative Thinking?

Kemampuan berpikir kreatif atau creative thinking seseorang dapat menghasilkan dan mengaplikasikan ide-ide orang dalam konteks yang spesifik, dapat melihat situasi dengan cara yang berbeda, mengidentifikasi masalah dan melihat serta membuat sebuah cara baru yang menghasilkan output yang lebih baik.

Ciri Seorang Creative Thinking

  1. Komunikator
  2. Open minded
  3. Risk taker
  4. Fleksibel
  5. Berpengetahuan luas

Hubungannya dengan Taksonomi Bloom

Berdasarkan definisinya critical thinking, analytical thinking dan creative thinking merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Dalam taksonomi Bloom Anderson revisi, HOTS atau high order thinking skills yakni kemampuan menganalisis, mengevaluasi, dan menciptakan sejatinya sama dengan ketiga keterampilan berpikir tersebut. 

Keterampilan ini adalah soft skill yang menjadi fokus kurikulum di seluruh dunia, dan yang sangat diminati di dunia kerja saat ini. Keterampilan berpikir ini akan membuat seseorang siap menghadapi karir di luar perguruan tinggi. 

Referensi

https://inkbotdesign.com/creative-thinking/

https://www.indeed.com/career-advice/resumes-cover-letters/analytical-skills

https://www.wabisabilearning.com/blog/critical-thinking-vs-analytical-thinking-vs-creative-thinking

https://www.rasmussen.edu/student-experience/college-life/critical-thinking-skills-to-master-now/

https://www.wabisabilearning.com/critical-thinking