BITS Award Cadangan
I. LATAR BELAKANG
Teknologi telah mengisi celah kekosongan dalam pendidikan. Melihat hal tersebut, BINUS mencoba mengisi kekosongan tersebut dengan mengembangkan aplikasi yang dapat dikegunakan untuk membuat learning object, agar BINUSIAN dapat belajar di mana saja secara multi-platform. Aplikasi tersebut bernama BINUS Interactive Software (BITS). Aplikasi BITS merupakan bentuk dukungan yang diberikan oleh BINUS University kepada staf pengajar untuk memudahkan proses pembuatan learning object. Dilengkapi dengan fitur penunjang untuk menghasilkan sebuah learning object seperti berbagai macam template, animasi, dan kuis, BITS dapat digunakan oleh staff pengajar BINUS untuk menyampaikan materi pembelajaran secara menarik dan kontekstual. Bentuk dukungan yang diberikan BINUS University pada staff pengajar tidak berhenti sampai disitu. BINUS University menyadari merencanakan dan membuat konsen bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan kemauan, motivasi, pengetahuan, kreativitas dan konsistensi yang luar biasa untuk menghasilkan sebuah learning object yang berkualitas. Learning Object yang berkualitas merupakan salah satu bekal BINUS sebagai kampus teknologi dan modern. Demi memberikan motivasi kepada para staf pengajar BINUS dalam menciptakan learning object yang berkualitas, BINUS University akan memberikan penghargaan konten BITS terbaik dimana dapat diikuti oleh para BINUSIAN. Kompetisi ini juga diharapkan dapat menjadi ajang menunjukkan kemampuan dosen dalam memaksimalkan fitur-fitur di BITS.
II. JUDUL KEGIATAN
BITS Learning Object Award 2020
III. WAKTU PELAKSANAAN
Januari 2020 – 31 Oktober 2020
IV. MAKSUD DAN TUJUAN
- Maksud
Memberikan penghargaan kepada pembuat BITS learning object terbaik. - Tujuan
- Memberikan motivasi kepada staf pengajar dalam membuat BITS learning object yang berkualitas.
- Memaksimalkan kemampuan dosen dalam menggunakan fitur-fitur BITS.
- Menghasilkan BITS learning object yang berkualitas
V. PERSYARATAN DAN KETENTUAN SELEKSI LO BITS AWARD :
- Kriteria peserta yang dapat mengikuti sayembara ini adalah :
Peserta adalah dosen aktif di BINUS University. - Ketentuan Penghargaan yang akan di selenggarakan :
- Pemilihan BITS learning object berlangsung dari tanggal 1 Januari 2020 sd 31 Oktober 2020.
- Setiap peserta dapat berkolaborasi membuat learning object lebih dari satu atau tidak dibatasi.
- Konten yang diseleksi adalah konten yang memenuhi ketentuan konten seperti terlampir pada ketentuan konten.
- Keputusan dari Tim Juri adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
- Ketentuan konten BITS yang berhak mengikuti seleksi penghargaan
Hasil BITS learning object yang diikutsertakan adalah karya original dan bukan karya orang lain atau modifikasi dari karya orang lain, sesuai dengan konteks keilmuan, dan memenuhi syarat learning object yaitu memiliki learning objective, learning material, assessment, dan reference. Tidak ada batas minimal atau maksimal slide pada BITS learning object yang diseleksi.
VI. ASPEK BITS LEARNING OBJECT YANG PERLU DIPERHATIKAN:
Konten BITS learning object merupakan karya orisinil, bersifat kontekstual dan tidak mengandung unsur SARA.
VII. KRITERIA PENILAIAN
Konten memiliki kriteria learning object yang baik, yaitu learning objective, learning material, assessment, dan reference. Materi yang disampaikan bersifat kontekstual dan mampu memaksimalkan penggunaan fitur-fitur yang ada di BITS.
VIII. PENGHARGAAN LOMBA
Penghargaan bagi pemenang penghargaan konten BITS learning object terbaik adalah:
- Juara I Uang tunai sebesar Rp. 2.000.000,-
- Juara II Uang tunai sebesar Rp. 1.500.000,-
- Juara III Uang tunai sebesar Rp. 1.000.000,-
Juara I, II, dan III juga akan mendapatkan sertifikat dari Direktorat Knowledge Management and Innovation.
IX. RUBRIK PENILAIAN
| No | Kriteria | Bobot
(%) |
Skor | |||
| 1 (25) |
2 (50) |
3 (75) |
4 (100) |
|||
| 1. | Kesinambungan konten | 30 | Learning material mudah dimengerti tetapi tidak sesuai dengan learning objective | Learning material mudah dimengerti dan sesuai dengan learning objective | Learning material mudah dimengerti, sesuai dengan learning objective, memiliki assessment score 50-79% | Learning material mudah dimengerti, sesuai dengan learning objective, memiliki assessment score 80-100% |
| 2. | Content delivery | 20 | Mendapatkan skor assessment rata-rata 0-29 | Mendapatkan skor assessment rata-rata 30-49 | Mendapatkan skor assessment rata-rata 50-79 | Mendapatkan skor assessment rata-rata 80-100 |
| 3. | Kontekstual | 30 | Tidak menyertakan contoh riil | Menyertakan contoh riil | Menyertakan contoh riil dan studi kasus | Menyertakan contoh riil, studi kasus, dan assessment reflektif |
| 4. | Pemanfaatan fitur-fitur BITS | 20 | Memanfaatkan 1-5 fitur di BITS | Memanfaatkan 6-10 fitur di BITS | Memanfaatkan 11-15 fitur di BITS | Memanfaatkan > 15 fitur di BITS |
X. MEKANISME PENILAIAN
Penilaian dilakukan dengan 2 tahap selama periode perlombaan (Januari-Oktober 2020), berikut penjelasannya:
- Tahap pertama yaitu preliminary. Dimana seluruh BITS yang sudah final akan dinilai berdasarkan kelengkapan atribut dasar sebuah learning object yaitu: title, learning objective, learning material, assessment (minimal 5 soal), dan reference.
- Seluruh LO yang lolos tahap preliminary akan dinilai berdasarkan rubrik penilaian.
- Kesinambungan konten:
LO akan dinilai berdasarkan kesesuaian antara learning objective, learning material dan assessment. - Content delivery:
LO yang baik harus dapat dipahami oleh penggunanya, sehingga pada tahap ini LO akan dinilai berdasarkan seberapa tinggi skor yang diperoleh pengguna dengan cara uji coba random kepada 10 pengguna, skor yang didapatkan oleh para pengguna akan dirata-rata dan hasilnya akan menjadi skor untuk kriteria content delivery.Skor kriteria = (N1+N2…+N10)/10 - Kontekstual:
LO yang disampaikan dengan contoh riil, studi kasus dan assessment reflektif akan dinilai dengan bobot 30. - Pemanfaatan fitur-fitur BITS:
BITS memiliki 19 fitur, semakin banyak fitur yang digunakan, skor LO akan semakin tinggi.
- Kesinambungan konten:
- Skor akhir akan dihitung menggunakan rumus:
Skor total = ?(Skor kriteria x %Bobot)
- Setelah LO berhasil di skoring, akan terlihat leaderboard atau daftar peraih skor tertinggi. 3 LO yang meraih skor tertinggi akan ditentukan sebagai pemenang dari BITS Learning Object Award 2020.