Aplikasi Smartphone Pendukung Produktivitas di tahun 2020

Photo by William Hook on Unsplash

Bekerja online memiliki banyak gangguan yang mengakibatkan hilangnya produktivitas seseorang. Namun, beruntung saat ini banyak aplikasi yang tercipta untuk meningkatkan produktivitas baik itu individu maupun tim.

Biasanya aplikasi yang tersedia memiliki fungsi pada bidang komunikasi  dan pengelolaan proyek sehingga tidak masalah apabila seorang pegawai tidak berada di tempat, ia tetap dapat melakukan koordinasi sesama anggota tim.

Aplikasi pengelolaan proyek pun tidak kalah penting, dengan menggunakan aplikasi ini kita dapat menentukan prioritas jadwal dan pekerjaan yang perlu dikerjaan terlebih dahulu. Dalam memilih aplikasi ini hal yang perlu kita perhatikan adalah tampilan / interface dari aplikasi tersebut, pastikan anda memilih aplikasi yang memiliki tampilan baik dan simpel agar memudahkan kita menemukan informasi yang kita butuhkan secara cepat.

Berikut beberapa aplikasi yang dapat membantu anda meingkatkan produktivitas

    • Wunderlist
      Merupakan aplikasi untuk mengelola daftar pekerjaan anda, Wunderlist memiliki kelebihan berjalan di banyak platform yaitu Windows, Android, iOS, Mac, Kindle dan juga memiliki aplikasi pada website untuk anda yang ingin membuka aplikasi tanpa harus melakukan proses instalasi.
      Nilai plus Wunderlist

      • Mudah digunakan
      • Hadir dalam banyak platform
      • Gratis dan memiliki banyak fitur
  • TeamViewer
    Seberapa baiknya anda melakukan organisasi file, pasti ada 1 kesempatan dimana anda sedang berada di suatu tempat sedangkan anda membutuhkan file yang berada pada tempat lain. Untuk kondisi seperti inilah aplikasi TeamViewer dibutuhkan, aplikasi memungkinkan seseorang untuk melakukan akses kedalam komputer yang sudah dikonfigurasi melalui perangkat lain.
    Tidak hanya untuk akses file aplikasi pun mampu sebagai fasilitas Meeting secara daring dan dapat berkirim suara, video, dll. Meeting yang dibuat memungkinkan kolaborasi antar 300 orang dan juga dapat direkam.
  • Evernote
    “Alat yang sangat diperlukan untuk mengatur ide anda”
    Produktivitas bukan hanya tentang menyelesaikan lebih banyak hal. Gagasan dan inspirasi dapat muncul di mana saja, itulah sebabnya anda membutuhkan Evernote untuk mencatat semuanya. Baik itu daftar tugas atau narasi yang panjang, anda bisa menambahkannya ke Evernote Anda. Ambil foto, tangkapan layar, tautan, potongan menarik dari artikel web – apa pun yang dapat membantu proyek Anda saat ini.
  • Trello
    “Aplikasi untuk mengelola daftar pekerjaan sederhana hingga manajemen proyek”
    Trello memiliki banyak alat untuk membantu Anda melakukan kolaborasi dalam mengelola proyek, dengan berbagai fitur cerdas yang ada memastikan aplikasi ini ramah pengguna.
    Trello dengan sistem “Kartu Pekerjaan / Cards” yang dimilikinya membuat aplikasi ini mudah digunakan, cukup letakan kartu-kartu pekerjaan tersebut pada papan trello membuat anda dapat mengatur bagaimana proses suatu proyek berlangsung.
  • Join.me
    “Aplikasi untuk mengatur meeting dengan mudah”
    Ada banyak cara untuk mengatur meeting secara daring, tetapi prosesnya terkadang cukup sulit seperti peserta meeting  harus menggunakan perangkat lunak yang sama, menggunakan layanan yang sama dan berbagai pengaturan lainnya.
    Join.me memiliki fokus pada kemudahan penggunaan sehingga membuatnya mudah untuk digunakan. Siapa pun dapat menyelenggarakan meeting dengan hanya satu atau dua klik, atau bergabung dengan meeting dengan cukup menggunakan browser internet yang mereka miliki dengan memasukkan kode meeting tanpa perlu melakukan instalasi aplikasi apapun.

Artikel ini merupakan intisari dari artikel asli dengan judul “Best productivity apps of 2020” oleh yang diterbitkan pada situs https://www.techradar.com/. Untuk melihat lebih lengkap mengenai topik ini silahkan klik pada tautan berikut Link

Deni Tri Hartanto