Rubric Assessment, Manfaatnya dalam Proses Penilaian

Apa itu Rubrik?

Seperti yang dikutip dari http://www.ascd.org/ kata rubrik berasal dari bahasa Latin untuk merah. Lalu pada kamus Merriam-Webster daringĀ  dalam http://www.ascd.org/ menjelaskan arti rubrik sebagai panduan yang mencantumkan kriteria spesifik untuk menilai makalah, proyek, atau tes akademik.

Mengapa Harus Rubrik?

Rubrik adalah alat bagi guru untuk menetapkan kriteria penilaian untuk tugas. Tidak hanya berguna bagi para guru, alat ini juga bermanfaat bagi siswa. Rubrik mendefinisikan secara tertulis apa yang diharapkan dari siswa untuk mendapatkan nilai tertentu pada suatu tugas.

Penggunaan rubrik sebagai alat penilaian dapat membantu guru dalam hal berrikut.

  1. Menilai tugas secara konsisten dan obyektif antar siswa.
  2. Menghemat waktu dalam penilaian, baik jangka pendek maupun jangka panjang.
  3. Berikan umpan balik yang efektif, tepat waktu, dan promosikan pembelajaran siswa secara berkelanjutan.
  4. Memperbaiki metode pengajaran dengan cara mengevaluasi hasil rubrik.

Apa Saja Isi Rubrik?

Berdasarkan Stevens & Levi (2013) yang dimuat dalam teaching.berkeley.edu, rubrik paling tidak harus berisi empat fitur penting, yaitu

  1. Deskripsi tugas atau judul deskriptif dari tugas yang diharapkan dihasilkan atau dilakukan siswa
  2. Skala (dan skor) yang menggambarkan tingkat penguasaan (misalnya melebihi harapan, memenuhi harapan, tidak memenuhi harapan);
  3. Komponen / dimensi yang harus diperhatikan siswa dalam menyelesaikan tugas / tugas (misalnya Jenis keterampilan, pengetahuan); dan
  4. Deskripsi kualitas kinerja (deskriptor kinerja) dari komponen / dimensi pada setiap tingkat penguasaan.

Memulai Penggunaan Rubrik

  1. Buat rubrik untuk satu tugas
  2. Cari referensi pembuatan rubrik seperti http://rubistar.4teachers.org/index.php atau https://www.aacu.org/value-rubrics
  3. Buatlah garis besar elemen atau kategoru yang akan dievaluasi (kategori ini harus dapat diukur secara obyektif)
  4. Tambahkan deskriptor yang tepat untuk memenuhi syarat setiap tingkat kinerja yang diukur.

Menggunakan rubrik sebagai alat penilaian? Mengapa tidak?

 

Sumber

http://www.ascd.org/publications/books/112001/chapters/What-Are-Rubrics-and-Why-Are-They-Important%C2%A2.aspx

https://www.uen.org/rubric/know.shtml

https://teaching.berkeley.edu/resources/assessment-and-evaluation/design-assessment/rubrics

https://teaching.cornell.edu/teaching-resources/assessment-evaluation/using-rubrics