Waktu terus bergerak, bila 10 tahun lalu anak-anak diberi pertanyaan ingin menjadi apa saat nanti dewasa jawabannya adalah dokter, saat ini mereka memiliki jawaban lain yang bahkan tidak terpikirkan oleh kita 10 tahun lalu. Seperti pada salah satu video Pak Jokowi, dimana beliau menanyakan kepada seorang anak Sekolah Dasar apa cita-citanya kelak, dengan lantang anak tersebut menjawab “Youtuber”. Ya, jawaban yang cukup unik. Saat ini, dengan pesatnya perkembangan teknologi, telah tercipta pekerjaan-pekerjaan baru, menjadi dokter bukanlah lagi cita-cita favorit anak-anak saat ini. Tapi kira-kira apa saja ya pekerjaan yang saat ini digandrungi, yang beberapa tahun lalu bahkan profesi ini tidak dikenal.

1. Programmer

programmer adalah mereka orang-orang yang bekerja dibalik layar menciptakan aplikasi-aplikasi canggih. Profesi ini merupakan profesi yang memiliki peran terbesar atas adanya teknologi-teknologi yang kita gunakan saat ini. Sebut saja youtube, facebook, dan gojek. Semua aplikasi tersebut diciptakan oleh tangan canggih para programmer. Saat ini programmer merupakan salah satu pekerjaan yang dibutuhkan oleh banyak perusahaan.

2. Youtuber

Youtube, sebagai sumber informasi dan kreatifitas nampaknya tidak disia-siakan oleh generasi milenial kebawah. Banyak dari generasi milenial dan generasi X yang telah mulai memanfaatkan youtube sebagai sarana dalam menuangkan kreatifitas mereka dalam membagikan informasi. Penghasilan yang akan didapatkan oleh youtuber itu sendiri nantinya berdasarkan banyaknya viewer, selain itu mereka juga menjadi dikenal oleh publik.

3. Make Up Artist

Profesi ini sesungguhnya telah ada sejak lama, namun saat itu profesi ini bukanlah merupakan profesi yang digandrungi dan banyak dicari. Dahulu profesi ini lebih dikenal sebagai tukang rias. Saat ini, MUA merupakan profesi yang banyak dibutuhkan oleh publik khususnya wanita, demi mendapatkan hasil foto yang cantik dan menawan dan juga terlihat cantik, saat ini orang rela merogoh kocek untuk memakai jasa MUA.

4. Social Media Specialist

Fungsi sosial media nyatanya tidak hanya dimanfaatkan oleh individual, namun juga oleh banyak perusahaan. Profesi ini diperlukan perusahaan untuk membantu membangun citra perusahaannya, mendekatkan perusahaan tersebut dengan masyarakat sehingga semakin dikenal, dan memberikan informasi kepada calon klien atau siapapun yang memerlukan infromasi mengenai perusahaan tersebut.

Ya, itulah pekerjaan-pekerjaan yang 10 tahun lalu mungkin belum terpikirkan oleh kita namun saat ini merupakan profesi yang banyak dicari orang dan diminati orang. Kira-kira apalagi ya profesi yang belum terpikirkan dulu namun saat ini banyak dicari?