Podcast: Media Audio dalam Pembelajaran

Semenjak revolusi digital, semua media menjadi multimedia. Dahulu semua media terpisah-pisah: visual dan audio. Media audio dianggap kurang mendukung proses pembelajaran dan membosankan ketika digunakan di ruang kelas. Namun kini media audio kian diminati seiring berjalannya waktu dan teknologi. Orang-orang kian mobile dan tidak sempat membuka gawainya untuk mendapatkan informasi.

Podcast merupakan media rekam digital yang didistribusikan melalui internet dan biasanya disampaikan dengan format episodik. Sebagian besar podcast berformat audio, namun ada juga yang berformat file pdf atau video tapi jarang digunakan.

Podcast dapat dimainkan di komputer atau gawai mobile yang dapat memutar file audio digital, termasuk smartphone, iPods, dan pemutar MP3. Format yang paling umum ditemui adalah MP3. Dengan menggunakan file audio yang dapat dibaca di banyak gawai, kita dapat mendengarkan konten sambil melakukan hal lain seperti mengendarai mobil, jalan-jalan atau berolahraga. Mendengarkan podcast audio melalui gawai mobile merupakan bentuk lain dari pembelajaran mobile.

Dalam proses pembelajaran, podcast memberikan kesempatan bagi pengajar untuk menyebarkan konten audio yang interaktif, yang dapat didengarkan oleh pebelajar kapanpun dan dimanapun. Seorang pebelajar hanya perlu untuk berlangganan ke podcast feed dan dengan seketika pengajar dapat mengirim konten edukasi pada mereka tanpa harus ditunggu. Podcast dapat dengan mudah digunakan di sekolah, universitas atau institusi pendidikan dan meningkatkan proses pembelajaran.

Banyak institusi pendidikan yang telah menerapkan podcast ke dalam sistem pendidikan mereka dan mendapat hasil yang positif. Hal tersebut didukung dengan mudahnya proses produksi dan distribusi konten serta berbagai cara bagaimana podcast dapat meningkatkan pengalaman belajar. Berikut ini beberapa pengalaman belajar yang didapatkan dengan menggunakan podcast:

  1. Sumber informasi yang kreatif
    Metode pembelajaran tradisional menitikberatkan format pengajaran, yang terus menerus menjadi standar pada pembelajaran ruang kelas. Meski demikian, tidak semua pengajar mampu mengunci fokus pebelajar yang mudah “zone out” setelah beberapa menit. Podcast yang informatif, disusun dengan baik, langkah cepat dan menghibur, dapat menangkap perhatian dan imajinasi pebelajar. Hal tersebut tidak berarti setiap pengajar harus memproduksi podcast sendiri, mereka dapat menggunakan podcast gratis yang sudah ada. Banyak sumber yang dapat diambil, misalnya iTunes, Spotify, Google Music, dan lain-lain.
  2. Ditujukan untuk meningkatkan pemahaman
    Peran dari podcast di masa depan yakni meningkatkan keterampilan pemahaman melalui mendengar. Banyak pebelajar yang mampu menyerap lebih banyak informasi saat mereka mendengarkan dibandingkan dengan membaca, pada beberapa kasus bahkan tiga kali lebih banyak. Hal tersebut mendorong proses diskusi, yang dapat mendorong berpikir kreatif dan komunikasi terbuka antara pengajar dan pebelajar.
  3. Instrumen untuk belajar bahasa asing
    Kelebihan lain dari podcast sebagai media belajar yakni kemampuan untuk mengasah keterampilan bahasa asing. Dengan mendengarkan kata-kata yang tidak akrab dapat membantu pebelajar belajar pelafalan yang benar dan makna yang kontekstual, terutama apabila mereka dapat membuat catatan.
  4. Meningkatkan hubungan dengan pebelajar
    Dengan meningkatnya penggunaan teknologi, ada semacam jarak yang memisahkan pebelajar dengan pengajar. Pebelajar akan merasa pengajarnya tidak memahami dunia mereka. Namun dengan menggunakan podcast di kegiatan pembelajaran, pengajar dapat ‘masuk’ ke dunia pembelajar yang menggemari teknologi.
  5. Menstimulasi kemampuan berpikir kreatif
    Podcast juga dapat dimanfaatkan untuk menstimulasi kemampuan berpikir kreatif, kritis dan talenta artistik. Salah satunya dengan cara memberikan beberapa podcast tentang berpikir kreatif dan mengimplementasikannya ke dalam sebuah project.

Peranan podcast pada pembelajaran di masa depan yakni untuk memperkaya pembelajaran. Podcast dapat memberikan keuntungan baik untuk pengajar maupun pebelajar, seperti meningkatkan kemampuan mendengarkan dan memahami. Apabila digunakan dengan baik, podcast dapat menjadi media belajar yang powerful dan positif.

Referensi:
http://theelearningcoach.com/elearning2-0/podcasts-for-elearning/
https://www.thepodcasthost.com/niche-case-study/podcasting-in-education/
https://www.emergingedtech.com/2017/08/how-teachers-can-leverage-podcasts-as-a-learning-tool/
Photo by Fixelgraphy on Unsplash