Tujuan pembelajaran sangat penting dalam menentukan arah pengembangan siswa baik dalam kelas maupun belajar secara online. Menulis tujuan pembelajaran merupakan salah satu ketrampilan yang wajib dimiliki untuk berkarir dalam bidang pendidikan. Lalu, apakah yang disebut Tujuan Pembelajaran?

Tujuan pembelajaran adalah pernyataan yang menyatakan dengan jelas apa yang akan dapat dicapai oleh peserta didik setelah menjalani satu periode pembelajaran tertentu. Tujuan pembelajaran, memiliki karakteristik yang sama dan sering ditulis dengan cara yang sama. Pernyataan pembelajaran objektif memiliki tiga komponen penting, yaitu :

  1. Target yang akan dicapai siswa sepanjang mereka belajar mata pelajaranSebuah contoh pernyataan, “Siswa akan dapat menjelaskan konsep sosiolinguistik.” Menganalisis pernyataan tersebut, berarti siswa harus tahu bagaimana mengklarifikasi definisi sosiolinguistik setelah melewati satu periode mata pelajaran. Anda dapat perhatikan kembali bahwa bagian kinerja dari tujuan pembelajaran harus tentang apa yang siswa capai, bukan apa yang akan dilakukan guru di kelas.
  2. Kebutuhan siswa untuk mencapai target setelah menyelesaikan mata pelajaranKomponen ini adalah ketentuan tentang bagaimana peserta didik akan dapat mencapai  kemampuan yang menjadi target untuk dicapai.  Ketentuan yang dimaksud dapat mencakup alat belajar, misalnya buku teks, animasi, laboratrium dan sebagainya.
  3. Perbedaan Tujuan Pembelajaran dan Tujuan BelajarPenting untuk membedakan antara tujuan pembelajaran dan tujuan belajar.  Tujuan pembelajaran  menunjukkan hasil umum dari suatu mata pelajaran. Tujuan pembelajaran dalam satu mata pelajaran menjadi tujuan kecil untuk membantu memastikan tujuan umum seluruh dari salah satu bidang ilmu yang dipelajari.

Tujuan Pembelajaran sangat penting untuk diperhatikan. Setiap guru harus tahu cara menulis tujuan pembelajaran karena akan mempengaruhi hasil belajar. Peningkatan tujuan pembelajaran berkontribusi besar terhadap peningkatan hasil pembelajaran. Dengan adanya tujuan belajar membantu guru untuk lebih fokus mempersiapkan konten pelajaran yang jelas. Mengajar tanpa tujuan dalam pikiran sering kali tidak efektif karena guru cenderung “keluar” dari topik yang diajarkan. Oleh karena itu, tujuan pembelajaran memberikan arah yang stabil yang dapat diikuti guru untuk memaksimalkan efektivitas. Hanya dengan tujuan pembelajaran tertentu guru dapat memilih apa yang akan diajarkan, metode dan bahan pengajaran.  Berikan siswa fokus yang jelas tentang apa yang harus dipelajari Sulit bagi siswa untuk mengetahui apa yang menjadi fokus selama kuliah online tanpa tujuan pembelajaran. Apabila siswa  tidak yakin tentang apa yang diharapkan dari setelah mengikuti mata pelajaran tersebut, siswa akan kehilangan motivasi dalam proses belajar. Tanpa tujuan pembelajaran yang jelas, siswa akan merasakan kecemasan yang luar biasa sehingga dapat mempengaruhi mempengarugi hasil belajar siswa tersebut secara negative. Tes yang baik harus menantang siswa semua tujuan pembelajaran tetapi tidak pernah meminta siswa untuk melakukan sesuatu yang tidak termasuk dalam tujuan.