Banyak blog dan posting twitter sudah menyebutnya “hal hebat berikutnya untuk 2020”. Biarkan saya meletuskan gelembung-gelembung kecil itu sebelum mencapai kita semua.

Neumorphism tidak cukup serbaguna untuk menjadi gaya desain yang populer. Terutama dalam produk nyata.

Tentu Anda dapat melakukannya dalam Mode Gelap dan Anda dapat memilih dari berbagai warna latar belakang putih. Itu memberi kita enam gaya yang mungkin tetapi perbedaan di antara mereka terlalu kecil.

Don’t do buttons!

Sekarang style ini sedang digunakan secara berlebihan untuk membuat tombol dalam sebuah card, hal itu sering melanggar aturan yang saya coba uraikan di sini. Saya tahu ini terlihat bagus tetapi bagi banyak orang itu tidak cukup terlihat karena perubahannya terlalu halus.

Membandingkan tombol neumorphic dengan Skeuomorphic atau flat yang memiliki kontras juga merupakan contoh yang baik. Bentuk-bentuk itu tidak berfungsi dengan baik sebagai tombol aktual dan sebagai Call to Action.

Bagaimana jika digunakan sebagai card?

Kartu dan slider mungkin adalah kasus penggunaan terbaik dari tren ini. Tapi ini semua mengingat struktur kartu dilakukan dengan benar. Hirarki antara gambar, ikon dan font harus jelas dan jarak didefinisikan dengan baik. Cara terbaik untuk menguji apakah suatu kartu berfungsi adalah dengan menghapus latar belakang neumorfik itu.

Agar dapat berfungsi dengan baik, Anda perlu memastikan bahwa bahkan kerangka bingkai objek Anda dengan latar belakang yang dihapus dapat diidentifikasi sebagai bagian dari grup yang sama.

Jadi singkatnya, kartu-kartu itu akan berfungsi jika user inteface bisa sama baiknya tanpa mereka. Nah, itu rekomendasi yang luar biasa, bukan? Terutama ketika kita mengambil titik Dieter Rams tentang menghilangkan “yang tidak perlu”

Artikel ini adalah rangkuman singkat dari artikel asli yang berjudul “Neumorphism will NOT be a huge trend in 2020” oleh Michal Malewicz. Untuk membaca lebih lengkap silakan kunjungi tautan berikut ini link