Seorang Albert Einstein pernah mengatakan ,”Education is what remains after one has forgotten what one has learned in school.” Pernyataan tersebut menunjukkan bahwa pendidikan adalah hal yang tersisa setelah seseorang melupakan apa yang telah dipelajari saat di sekolah.  Seperti kita ketahui , hampir setiap penduduk di Indonesia memiliki kesempatan untuk belajar di bangku sekolah. Ada yang memiliki kesempatan menempuh pendidikan sampai ke bangku kuliah bahkan sampai meraih beberapa gelar, namun ada juga yang hanya tamat sampai sekolah dasar . Meskipun berbeda tingkatan, namun tujuannya tetap satu yaitu untuk memperoleh ilmu. Tapi ada kemungkinan ilmu yang sudah kita peroleh tersebut hanya dapat dimengerti ketika duduk di bangku sekolah, namun ketika sudah lulus hanya beberapa saja ilmu yang diingat dan sisanya tak jarang mudah dilupakan.

Perkembangan teknologi saat ini menuntut setiap manusia untuk terus belajar dalam menghadapi kemampuan kecerdasan buatan yang saat ini berkembang. Manusia tersebut harus belajar membuat, memanfaatkan dan bahkan bertanggung jawab atas kemungkinan resiko yang di hadapi dari adanya teknologi tersebut. Meskipun sudah selesai menempuh pendidikan formal di sekolah, manusia harus tetap dituntut untuk belajar agar dapat bertahan hidup di era yang serba teknologi. Belajar yang dimaksud bukan hanya semata dalam ruang kelas melainkan belajar sepanjang hayat atau yang disebut dengan Lifelong Learning.Lifelong Learning adalah upaya seseorang untuk terus belajar secara sukarela dan berkelanjutan untuk alasan pribadi yang bertujuan untuk pengembangan pribadi, meningkatkan daya saing dan kemampuan kerja.  Lifelong Learning adalah usaha yang  harus dilakukan dengan sadar dan menikmati setiap proses belajarnya karena dilakukan dengan sukarela.

Lalu, bagaimana cara untuk memulai menjadi seorang Lifelong learner yang menyenangkan? berikut ada beberapa tips yang dapat anda coba :

  1. Ciptakan Tujuan Pembelajaran
    Sebelum belajar, pastikan anda memiliki tujuan yang ingin anda capai dan sesuai dengan kebutuhan.
  2. Mulai dari Hal Kecil
    Tidak perlu untuk menghabiskan satu hari untuk membaca buku, cukup sediakan waktu selama  10 – 15 menit sehari untuk membaca buku dapat memiliki dampak positif dalam proses belajar anda. Lama kelamaan anda akan memiliki kebiasaan dalam membaca buku.
  3. Ubah Cara Belajar menjadi Lebih Menyenangkan
    Anda dapat menentukan sendiri proses belajar yang menyenangkan bagi anda sehingga belajar tersebut bukanlah sebagai beban. Beberapa cara yang dapat anda lakukan  adalah dengan  memilih buku yang berkaitan dengan hal yang anda sukai untuk di baca, berdiskusi dengan kolega yang memiliki minat yang sama, mengikuti forum online, melihat video edukasi atau mendengarkan podcast tentang peningkatan motivasi atau ketrampilan, mengikuti kelas-kelas ketrampilan dan yang terakhir belajar dari pengalaman sendiri.Ketiga tips di atas dapat anda ikuti untuk memulai diri untuk melakukan longlife learning, sekecil apapun perbuatan baik yang sudah anda lakukan ,pastinya akan bermanfaat untuk kedepannya nanti.Selamat mencoba.

 

 

Reference :
https://en.wikipedia.org/wiki/Lifelong_learning
https://koinworks.com/