User yang lebih tua (diatas 40 tahun) memiliki beberapa kebutuhan yang bisa kita pertimbangkan. Kebanyakan hal yang mereka butuhkan tersebut tidak begitu sulit untuk diakamodasi tapi akan menjadi titik kritis dalam penggunaan dan kenyamanan mereka (dan kita nantinya) dalam penggunaan Internet.

 

Mereka lebih memilih konten Teks dan Penggunaan EYD yang baik.

Generasi mereka terbiasa mengandalkan buku, koran dan majalah dalam mengakses informasi. Mereka juga terbiasa menulis dan membaca teks, sehingga mereka akan sangat memperhatikan kerapihan tata bahasa dan ejaannya. 

Jika anda tidak memiliki kemampuan menulis yang mumpuni, sebaiknya jika anda mempekerjakan copywriter ataupun editor untuk memeriksa ejaannya. Mereka akan mudah berpindah laman daring jika anda tidak melakukan pengecekan tata bahasa, karena tata bahasa yang tidak baik mengurangi tingkat kepercayaan mereka terhadap informasi yang anda sajikan.

 

Hitam diatas Putih

Kebanyakan pengguna daring yang berusia lebih dari 60 tahun akan protes jika dihadapkan dengan laman yang sulit dibaca. Bukan karena mereka tidak menyukai trend desain terkini, namun kebanyakan diusia tersebut kemampuan indera pengelihatan mereka telah memburuk sehingga warna hitam dan putih memiliki tingkat ke kontrasan yang cukup baik untuk kemudahan mereka membaca.

Penurunan kemampuan mata ini disebut Presbiopi, Asosiasi Optometrik Amerika mendeskripsikan bahwa saat usia memasuki 41-60 tahun kebanyakan mengalami kemampuan untuk melihat jarak dekat seperti saat membaca dan melihat komputer dan penurunannya akan bertambah seiring dengan berjalannya waktu.

Selain presbiopi kebanyakan orangtua juga mengalami masalah pengelihatan mata lainnya seperti katarak, degenerasi makula, penurunan daya lihat warna, dan juga mereka mengalami penurunan dan kehilangan sel sinapsis di otak, yang mana sel tersebut bertugas membawa informasi ke otak.

Hal tersebut akan normal dialami semua orang saat mulai menua. Walaupun banyak perdebatan yang mengatakan warna abu-abu untuk teks lebih baik, setidaknya untuk orang tua mereka membutuhkan rasio kontras setidaknya 4.5 : 1 antara teks dan background. Untuk latar laman putih warna #959595 cukup baik atau #767676 untuk tulisan yg lebih kecil. Berikut tautan yang mebahas tingkat kontras: https://www.w3.org/TR/UNDERSTANDING-WCAG20/visual-audio-contrast-contrast.html

Selain kontras warna yang perlu diperhatikan, ukuran typeface juga perlu diperhatikan. Sebuah artikel oleh D.Bnonn Tennan meyarankan ukuran 16px berikut tautan untuk penjelasan lebihnya: https://www.smashingmagazine.com/2011/10/16-pixels-body-copy-anything-less-costly-mistake/

 

Mereka berekspektasi pada Teknologi yang lebih lama.

Saat libur, terkadang kita melihat orangtua kita mereparasi radio, atau barang elektronik lainnya bukan? Generasi orangtua kita cenderung menggunakan benda atau barang hingga barang tersebut benar-benar mati. Hal tersebut juga mereka terapkan saat penggunaan teknologi masa kini. Mereka tidak terbiasa mengupgrade sistem operasi komputer tiap bulan. Mereka lebih memilih untuk bertahan dengan sistem operasi yang mereka mengerti daripada mengupgradenya, karena mereka takut saat mereka mengupgradenya mereka akan merusak sesuatu.

Sebaiknya saat kita membuat desain, kita perlu juga untuk melakukan test pada versi alat yang lebih tua untuk melihat bagaimana aplikasi tersebut  bekerja dan terlihat.

 

Pahami ekspektasi mereka

Mereka beranggapan bahwa setiap tahunnya kemampuan internet semakin cepat, andal dan nyaman. Apabila saat membuka laman yang mereka inginkan tidak dalam beberapa detik terbuka, secara insting mereka akan memilih untuk memencet tombol kembali dan bepindah halaman lain. Orangtua beranggapan bahwa waktu sangan berarti karena usia mereka yang semakin berkurang. Apabila website kita sangat lama untuk di buka atau sering perbaikan, kebanyakan mereka akan berpindah ke website yang lebih cepat dan lebih mudah.

 

Kalau tidak rusak, jangan diperbaiki.

Salah satu alasan mengapa Amazon masih memonopoli dunia retail daring di Amerika dalah karena sudah lebih dari 10tahun UX di website mereka masih konsisten dan mudah diprediksi. Seluruh proses dari memilih produk hingga membeli tidak pernah berubah sehingga user lebih akrab dan dapat berbelanja dengan mudah dan cepat.

Daripada menambah berbagai fitur terbaru dan terkeren lainnya, apabila website berfungsi dengan baik, lebih baik bertahan dengan UX yang lama karena user lebih akrab. Baik untuk perhatikan apakah update terbaru akan mengubah kebiasaan yang sebelumnya sudah berjalan dengan baik.

 

https://www.smashingmagazine.com/2019/11/online-environments-older-users/