Logotype BINUS Research

Penyelenggaraan kegiatan penelitian menjadi kewajiban suatu lembaga pendidikan tinggi, sebagaimana dinyatakan dalam Pasal 20 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, yang secara eksplisit menyatakan bahwa lembaga pendidikan tinggi wajib melakukan kegiatan penelitian. Komitmen BINUS University dalam penyelenggaraan kegiatan penelitian tercermin secara eksplisit dalam salah satu tujuan Statuta BINUS University.

Publikasi penelitian dan ilmiah yang dilakukan oleh anggota fakultas Universitas BINUS diselenggarakan oleh Research and Technology Transfer Office (RTTO), dengan fokus utama adalah untuk mengembangkan dan memfasilitasi kegiatan penelitian dan kegiatan terkait penelitian seperti diseminasi penelitian melalui penerbitan jurnal dan kekayaan intelektual.

BINUS Research menjadi sebuah brand dari kegiatan yang diselenggarakan oleh RTTO tersebut, yang mana memerlukan identitas visual untuk dapat dikenali masyarakat luas. Konsep visualisasi identitas BINUS Research mengacu pada corporate identity BINUS University, dan rancangan penerapannya untuk beberapa media digital dan cetak.

Gambar 01. Logotype

Penggunaan elemen desain pada logotype BINUS Research adalah simbol infinity yang diletakkan pada huruf R pada Research. Simbol infinity, mewakili yang tak terukur dan tak terbatas sesuai harapan aktivitas di bidang penelitian dalam BINUS Research. Tanda tersebut tersusun dari empat buah bentuk geometri untuk mewakili kegiatan BINUS Research yaitu Penelitian, Publikasi, Kekayaan Intelektual dan Komersialisasi.

Gambar 02. Penggunaan Warna pada Logotype

Warna yang digunakan pada simbol infinity tersebut adalah warna-warna terang seperti merah muda yang mencerminkan energi, warna jingga untuk optimisme, sedangkan warna hijau yang mengindikasikan kekayaan dan warna biru merepresentasikan dapat dipercaya dari lembaga penelitian ini.

Gambar 03. Konsep Penerapan Logotype pada Latar Gelap

Penerapan logo diatur dalam beberapa visual warna, seperti warna dasar terang dan gelap. Perubahan warna menjadi putih bila logotype tersebut diletakkan pada dasar warna gelap, atau untuk memperoleh kontras warna dengan latarnya.

Gambar 04. Konsep Penerapan Logotype pada beberapa Media

Konsep implementasi visual logotype ini pada beberapa rancangan media, seperti media cetak yaitu majalah, media digital hingga penerapan logo pada kaos dan poloshirt.