Akan sangat membantu sekali apabila kita dapat mengetahui bagaimana cara user menjelajah website kita. Fitts law adalah dasar dari memprediksi kebiasaan user pada website. Dengan memahami kebiasaan mereka, maka kita akan berada pada langkah yang lebih didepan dalam memandu user melakukan action tertentu.

Tahun 1964 psikologis paul fitts mempublikasikan teori mengenai mekanisme manusia dan gerakan yang dituju. Ia melihat pola bahwa saat seorang menunjuk dan tapping sebuah target bisa diprediksi dan dilakukan penghitungan matematis.

Hal paling dasarnya adalah, “Semakin besar dan semakin dekat sebuah object, akan lebih mudah bagi kita untuk meraihnya”. Aplikasinya pada website misalnya, dengan memperbesar posisi button add to cart dan meletakkannya pada menu disebelah kiri dapat meningkatkan penjualan hingga 34% (Chopra,2010)

Fitts menyatakan bahwa waktu yang diperlukan untuk mendapatkan sebuah target ditentukan oleh ukuran dan jarak dari target tersebut. Target disini bisa sebagai button/field yang perlu user untuk melakukan action klik. Jarak user terhadap target ada dimana posisi user saat memulainya. Pada interface jarak memulai ini bisa dimana posisi terakhir pointer mouse. Dan ukuran target yg besar akan memperkecil usaha user untuk mencapainya (mengkliknya), sedangkan saat targetnya kecil dan posisinya jauh dari lokasi user, akan butuh usaha yang lebih bagi user utk mencapainya.

Contoh untuk pengaplikasian fitts law

Pada button yang lebih penting diperbesar dan mendekati posisi pointer awalnya saat kita melihat. Misalnya setelah form seperti pada search bar atau button login. Button juga harus ada perbedaan yang jelas antara aktif dan tidaknya

Dalam dropdown dan list saat kita memperpendek listnya dan semakin dekat dengan posisi kursor di atasnya maka akan semakin besar kemungkinan user mengkliknya.

 

Taskbar menu

Memberikan user peluang untuk memilih aplikasi mana yang mereka sering pakai pada dekstop menu juga akan memudahkan user dibandingkan mereka harus mencarinya ke dalam menu.

 

Sumber:

Fitts’s Law from Youtube