Oleh Christiaan Adams, Senior Developer Advocate, Google Earth and Earth Outreach

Hampir 100 tahun yang lalu, American Geophysical Union atau AGU, mengadakan pertemuan pertama dengan 25 anggota ilmuwan di Washington DC. Minggu ini, pada AGU Fall Meeting di San Fransisco (Desember 9 – 13), akan ada sekitar 25.000 ilmuwan yang hadir. Dan yang seperti kami bayangkan para 25 anggota pendirinya lakukan sebelumnya, para ilmuwan dan peneliti akan menantikan kesempatan untuk berbagi apa yang sedang mereka kerjakan dengan rekan-rekan mereka, dan belajar sesuatu tentang yang terbaru di Bumi dan ruang angkasa.

AGU menawarkan ribuan pembicaraan, poster dan presentasi ilmiah sepanjang minggu. Kami sangat senang karena lebih dari 180 pembicaraan secara khusus menyebutkan menggunakan alat Google, termasuk produk pemetaan kami seperti Erath Engine dan Google Earth untuk menemukan, menganalisa dan memvisualisasikan data mereka atau untuk mengkomunikasikan kisah pekerjaan mereka.

Banyak dari kita para Googler akan bergabung dalam pertemuan dan pembelajaran juga minggu ini. Jika Anda menghadiri AGU, mampirlah ke stan Google selama resepsi Icebreaker pada Senin malam, atau kapan saja selama minggu ketika Aula Pameran terbuka. Kami akan memiliki Googler di sana untuk menjawab pertanyaan Anda tentang menggunakan Google Earth, Earth Engine, Earth Studio, dan semua alat Google lainnya yang dimanfaatkan oleh komunitas ilmiah. Kami juga akan melakukan banyak pembicaraan di stan untuk menyoroti beberapa ilmu menakjubkan yang sedang dilakukan oleh mitra kami dan peserta AGU lainnya menggunakan alat ini. Selain itu, kami akan menawarkan lokakarya untuk orang-orang yang tertarik belajar menggunakan Earth Engine.

Streetcar 2 Subduction, a (new digital) field guide
Pada tahun 1979, akhir Clyde A. Wahrhaftig, seorang profesor di UC Berkeley, membuat Streetcar to Subduction, aneh, panduan lapangan pribadi ke situs menarik geologi di sekitar San Francisco, semua diakses melalui transportasi umum. Diterbitkan oleh AGU pada tahun 1984, panduan ini telah sangat disukai oleh para peserta selama bertahun-tahun, tetapi menjadi usang karena pilihan transportasi berubah dan situs telah dipengaruhi oleh pembangunan.

Untuk pertemuan tahun ini, profesor Universitas McGill Jamie Kirkpatrick, yang pertama kali menemukan panduan ini selama studi postdoc di UC Santa Cruz, memperkenalkan Streetcar 2 Subduction, panduan baru untuk zaman digital, menggunakan alat pembuatan pada Google Earth. Panduan ini tersedia sebagai 7 kisah tersendiri di web Google Earth dan aplikasi seluler. Anda dapat membuka masing-masing melalui tautan pada tab “Perjalanan trem” di situs AGU, dan menavigasi melalui setiap cerita menggunakan tombol di bagian bawah layar. Beberapa perjalanan favorit kami meliputi Marin Headlands, Corona Heights, dan Pulau Bidadari.

Apakah Anda baru memulai dengan Google Earth dan Earth Engine, kami akan siap membantu Anda memulai, menjawab pertanyaan, dan menginspirasi proyek pemetaan Anda berikutnya. Kami sangat senang membantu AGU memulai 100 tahun ke depan. Bergabunglah dengan kami dalam mengikuti # AGU19 di sosial, dan datanglah ke gerai kami untuk menyapa. Kami menantikan untuk bertemu Anda.

Referensi:
https://medium.com/google-earth/earth-science-with-google-at-agu-2019-c597f7d90675