Soal pilihan ganda merupakan salah satu alat yang digunakan untuk mengukur pengetahuan atau pemahaman dari pembelajaran. Lalu bagaimana membuat pertanyaan pilihan ganda yang baik?

Do’s

Uji Pemahaman bukan Mengingat

Pertanyaan pilihan ganda sebenarnya tidak hanya untuk menguji penarikan pengetahuan secara dangkal. Pilihan ganda dapat digunakan untuk menafsirkan fakta, mengevaluasi situasi, menjelaskan sebab dan akibat, membuat kesimpulan, dan memprediksi hasil.

Gunakan Struktur Kalimat Sederhana dan Tepat

Tulis pertanyaan dengan struktur sederhana yang mudah dimengerti. Gunakan kalimat yang mudah dipahami dan yang berhubungan dengan konteks sehari-hari.

Buat Pengecoh yang Masuk Akal

Semua pilihan jawaban yang salah harus sepenuhnya masuk akal. Ini bisa sangat sulit untuk dicapai, tetapi hindari penggunaan pengecoh yang sederhana dan mudah diketahui oleh siswa.

Urutkan Kunci Jawaban

Pastikan bahwa sebagian besar jawaban yang benar tidak berada hanya di posisi “b” dan “c” saja. Simpan jawaban yang benar dalam posisi acak dan jangan biarkan jatuh ke dalam pola yang dapat dideteksi. Ketika tes ditulis, lanjutkan dan susun ulang tempat jawaban yang benar, jika perlu.

Panjang Kalimat Jawaban yang Sama

Ini mungkin sulit untuk dicapai, tetapi seringkali siswa dapat menebak jawaban dengan kalimat yang lebih panjang sebagai petunjuk untuk jawaban yang benar. Hal itu akan menjadikan pengecoh yang buruk untuk pilihan ganda.

Dont’s

Jangan Membuat Pertanyaan yang Ambigu

Pertanyaan yang ambigu dapat mengarah pada jawaban yang tidak jelas, dan akibatnya tidak memenuhi persyaratan tes karena alasan kejelasan. Jangan membuat pertanyaan yang terlalu mudah atau terlalu sulit. Tetapi buatlah semua permasalahan sejelas mungkin.

Hindari Pertanyaan dengan Dua Kalimat Negatif

Jangan gunakan kombinasi kata-kata ini dalam pertanyaan yang sama: bukan, tidak dan kecuali. Hal ini akan menjadikan pertanyaan menjadi ambigu dan distraktif malah akan menambah kebingungan dari siswa.

Pertimbangkan Waktu

Ketika membuat sebuah tes, selalu perhatikan waktu yang akan dihabiskan untuk mengerjakannya. Perhatikan penggunaan kalimat dan tipe soal serta tingkat kesulitan dari pertanyaan.

 

 

Sumber :

https://elearningindustry.com/creating-multiple-choice-questions

https://www.education.vic.gov.au/languagesonline/games/comprehension/docs/multiple%20choice%20questions.pdf

10 Rules For Writing Multiple Choice Questions