“Buku adalah jendela dunia” 

Sedari dulu kita pernah mendengar peribahasa ini, hal tersebut memang benar adanya. Dengan membaca buku, pikiran dan pengetahuan bertambah dan semakin luas. Ditambah lagi dengan kemajuan teknologi saat ini, membaca buku semakin dipermudah dengan adanya buku digital (ebook), sehingga kita tak perlu lagi membawa-bawa buku yang berat untuk membacanya.

Namun apakah benar buku digital lebih baik dibandingkan buku cetak? Hal tersebut sebenarnya masih dalam perdebatan bahkan hingga saat ini. Kedua alat baca tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Berikut ini beberapa diantaranya.

Buku cetak

  1. “Wangi kertas” bagi beberapa orang merupakan hal yang penting. Pembaca buku cetak memiliki kepuasan tersendiri ketika membaca buku sambil menghirup wangi khas kertas, jilid kertas yang rapi, dan sensasi ketika membalikkan kertas. Semua hal itu tidak dapat dinikmati ketika membaca buku secara digital. Selain itu, ada perasaan yang menyenangkan apabila disekitar kita ada buku, meskipun kita tidak/belum membacanya.
  2. Meminjamkan buku. Kita juga bisa meminjamkan buku dengan teman atau rekan, yang tidak dapat dilakukan apabila kita membeli buku digital karena hanya diperbolehkan untuk dibaca oleh 1 akun saja. Jadi tidak bisa dibagikan/dipinjamkan tanpa memberikan credential akun pribadi kita. Ini merupakan salah satu  faktor utama kelebihan buku cetak dibandingkan buku digital.
  3. Ilustrasi dan gambar. Buku cetak dapat menampilkan gambar dan ilustrasi dengan sangat baik dibandingkan buku digital. Dengan demikian membaca buku berjenis fotografi maupun kuliner akan sangat menyenangkan.
  4. Kemudahan dalam mencatat. Membuat catatan kecil pada buku catatan sangat dipermudah dibandingkan dengan buku digital. Pada buku cetak, kita dapat menggunakan pensil atau pena berwarna untuk menyoroti, menambahkan simbol atau gambar, dan lain-lain. Fitur ini sangat terbatas pada buku digital yang hanya mampu menyoroti baris, menandai halaman, dan menambah catatan.
  5. Kemampuan untuk membaca sekilas dapat dengan mudah dilakukan pada buku cetak dibandingkan buku digital. Membolak-balik buku cetak juga lebih cepat dilakukan daripada di buku digital.
  6. Tidak butuh baterai. Tentu saja kita tidak perlu mengisi ulang daya buku cetak, karena tidak menggunakan baterai untuk membaca buku cetak, jadi kita tidak perlu khawatir kehabisan daya saat membaca.

Buku Digital

Pada dasarnya buku digital dengan mudah didapatkan melalui berbagai aplikasi pada gawai Anda, pada iOS ada iBook Reader yang terhubung dengan App Store, dan Android memiliki Google Books dengan segudang buku yang dapat Anda nikmati, mulai dari gratis hingga berbayar. Anda dapat membawa seisi toko buku dalam genggaman. Berikut ini kelebihan buku digital dibandingkan dengan buku cetak.

  1. Kemudahan dalam membaca. Membaca melalui buku digital sangat dipermudah, sebagian besar hanya membutuhkan satu tangan untuk membalikkan halaman, kita juga bisa membaca dengan bermacam-macam pose yang dianggap nyaman. Saat membaca pun tidak membutuhkan lampu tambahan, tingkat terangnya dapat diatur sesuai dengan kondisi sekitar.
  2. Akses ke ribuan judul buku. Pembaca buku digital tak perlu khawatir kehabisan bahan bacaan, karena buku-buku dapat dibaca dan didapatkan dengan mudah melalui “toko buku” digital. Bayangkan Anda pergi liburan dan tidak perlu banyak ruang untuk menyimpan buku-buku yang ingin dibaca.
  3. Harga yang relatif lebih murah dibandingkan buku cetak mungkin salah satu kelebihan yang tidak dapat dipungkiri, hal tersebut dikarenakan penerbit tidak perlu mengeluarkan biaya cetak buku. Anda juga dapat membaca buku-buku secara gratis yang dapat diperoleh di internet. 
  4. Menyorot dan menandai buku dipermudah tanpa alat tulis seperti pena atau pensil. Selain itu kita juga bisa menambahkan catatan yang kemudian dapat dibagikan, disimpan, dilihat secara online. Tak perlu lagi membolak-balik halaman mencari sorotan atau catatan sebelumnya.
  5. Kamus yang sudah terintegrasi ke dalam buku juga menjadi kelebihan utama. Anda tidak perlu lagi membuka buku kamus ketika kesulitan mencari arti dari kata tertentu, cukup dengan menyoroti kata tersebut kemudian akan muncul definisinya.
  6. Ketersediaan buku. Buku digital tidak akan pernah kehabisan stok, karena mereka tidak butuh dicetak. Begitu Anda membeli buku digital, Anda dapat langsung membacanya, tidak perlu menunggu paket untuk datang.
  7. Gratis. Saat mencari bahan bacaan yang cocok dengan selera kita, biasanya kita dapat membaca beberapa halaman secara gratis. Kalau kita cocok dan ingin lanjut membacanya, kita dapat langsung membelinya. Efisien bukan?

Jadi, lebih baik mana? buku digital atau buku cetak?

Setelah membaca kelebihan masing-masing buku, semuanya kembali kepada preferensi Anda. Apabila Anda tipe yang mobile tapi tetap ingin membaca buku, buku digital adalah pilihan yang tepat. Bahkan lebih baik lagi audiobook, yang akan dibahas pada topik selanjutnya. Audiobook cocok bagi Anda yang mobile dan tidak sempat memegang gawai.

Penulis sendiri sebenarnya lebih senang membaca buku cetak, karena bagaimanapun juga membaca buku cetak memang ada kenyamanannya tersendiri. Namun karena penulis juga seorang yang mobile, jadi punya beberapa koleksi buku digital yang dapat dibaca saat di kendaraan umum.

Referensi
https://www.writoscope.com/reading/ebooks-vs-printed-books-reasons-better/

Photo by Thought Catalog on Unsplash