Photo by Markus Spiske on Unsplash

Menjelang tahun baru 2020, sudah saatnya kita menyiapkan sebuah kemampuan baru untuk menghadapi perubahan era. Siap? Mari kita mulai.

  1. Swift
    adalah bahasa pemrograman yang diciptakan oleh Apple untuk pengembangan iOS dan macOS dengan tujuan untuk menggantikan Objective-C yang sudah hadir semenjak 1 dekade lalu. Kabar baik untuk anda yang ingin mempelajari Swift, menurut Donny Wals dalam salah satu artikel dalam blognya menyebutkan bahwa Swift telah mencapai titik stabil dari suatu bahasa pemrograman sehingga akan jarang ditemui perubahan yang sangat radikat sehingga mengharuskan kita segera melakukan update aplikasi yang kita ciptakan.
  2. Kotlin
    Walaupun Java masih menjadi bahasa banyak pilihan paraa pengembang Android, saat ini Kotlin sudah banyak dilirik oleh para pengembang. Hal ini dikarenakan Google telah menyebutkan bahwa Kotlin akan menjadi bahasa pengembangan utama untuk Android, selain dari itu lowongan pekerjaan untuk Kotilin pun meningkat dengan sangat tajam sejam pertengahan 2017.
  3. Dart
    Merupakan salah satu proyek populer di GitHub adalah Flutter, sebuah Cross-Platform Framework untuk mengembangkan aplikasi diciptakan oleh Google. Dalam 2 tahun sejak diciptakan Flutter telah berkembang dengan mendukung lebih banyak sistem operasi seperti iOS, Android, Window, Mac & Linux. Dart sebagai bahasa pemrogram yang digunakan oleh Flutter turut mendapatkan perhatian dari berbagai pihak seiring dengan kesuksesan dari
  4. TypeScript
    Typescript bukanlah bahasa pemrograman secara utuh, melainkan merupakan lapisan bahasa yang setelah dikompilasi menjadi akan menjadi Javascript. Bahasa ini sendiri berfokus untuk meningkatkan apa yang menjadi kekurangan dari Javascript, oleh karena itu dapat dibilang TypeScript adalah Javascript yang diperbaharui dan disempurkan.
  5. Rust
    Rust menjadi salah satu bahasa pemrograman yang memiliki pertumbuhan sangat cepat di GitHub dikarenakan Rust adalah proyek Open-Source memiliki karakteristik Memory-Safe dengan tidak mengijinkan null-pointers & dangling-pointers dan memiliki gaya penulisan dengan bahasa populer C & C++ sehingga dapat dengan mudah digunakan oleh programmer awal dengan pengalaman yang masi sedikit.
  6. Java
    Ya Java ! kita semua pasti sudah familiar dengan bahasa ini, dapat digunakan dimanapun dan sampai saat ini masih aktif diajarkan di dunia pendidikan jadi tentunya Java masih berharga untuk dipelajari dan diterapkan di tahun depan.

Artikel ini merupakan terjemahan dari artikel asli dengan judul “7 Programming Languages Vital to Learn in 2020” oleh Nick Kolakowski yang diterbitkan di situs dice.com. Untuk melihat lebih lanjut mengenai topik ini silahkan klik tautan berikut Link