Bagi mahasiswa, wisuda adalah tujuan akhir dari perkuliahan yang panjang. Momen wisuda adalah momen yang paling dinanti-nantikan baik mahasiswa maupun keluarga. Tentu momen yang bisa aja terjadi satu kali seumur hidup ini harus berkesan agar dapat di kenang selamanya. Selain momen skralnya, wisuda lekat dengan kado untuk wisudawan sebagai ucapan selamat atas keberhasilannya menyelesaikan bangku kuliah dan mendapatkan gelar sesuai jurusan yang di ambil. Nah, berikut adalah lima rekomendasi kado unik yang mungkin akan membantu anda menentukan kado spesial untuk teman dan kerabat yang sedang menjalani wisuda.

Boneka Clay

Boneka yang terbuat dari kain flannel, yelvo, nylex dan velboa sudah biasa, namun terbuat dari clay dan bahkan bisa menyala dalam kegelapan terdengar menarik. Yups! boneka ini bisa menjadi salah satu alternatif kado wisuda. Bahkan beberapa toko juga menyediakan pre-order custom dengan muka calon wisudawan. Caranya mudah, pembeli hanya perlu mengirim foto wisudawan dan boneka akan di buat sesuai wajah wisudawan. Harga boneka dari clay pun bervariasi mulai dari tiga puluh ribu rupiah.

Boneka Kayu

Boneka dari bahan kayu juga terdengar unik. Selain karena bahannya yang tidak biasa, proses pembuatannya pun sangat unik. Banyak model boneka kayu yang berdar di pasaran dengan varian harga dan kualitas tentunya. Salah satu boneka dengan bentuk unik dan harga yang cukup terjangkau adalah Bulukuda.co. Harga boneka jenis ini mulai dari delapan puluh lima ribu rupiah. Dan menariknya, anda bisa memesan bentuk wajah, model rambut dan hijab, serta aksesoris cumlaude dan nama.

Toples Ajaib

Toples atau botol ajaib bisa kita buat sendiri menggunakan bahan-bahan yang sederhana. Namun jika anda ingin memesannya, toples ajaib ini mudah ditemukan. Saat memesannya, anda akan diberikan kartu ucapan untuk diisi. Toples ini dapat di beli dengan harga mulai lima puluh lima ribu rupiah tergantung ukurannya.

Bantal Wisuda

Bantal adalah barang yang selalu kita pakai saat tidur. Bantal wisuda dapat di print atau di lukis secara manual. Tentu harga keduanya akan berbeda. Selain itu, kita juga dapat memesan sesuai wajah wisudawan atau gambar ilustrasi lain seperti hero, hewan kesayangan yang dipakaikan topi wisuda. Harga  bantal print dengan ilustrasi dan ukuran kotak medium berkisar sembilan puluh empat ribu rupiah.

Karikatur Wajah

Karikatur wajah sangatlah umum dan mudah dijumpai baik di situs online maupun tempat tertentu. Namun media yang digunakan berbeda-beda. Ada yang menggunakan media kertas, kain, kayu dan lain-lain. Harga yang ditawarkan juga berbeda tergantung pada media, ukuran dan tingkat kerumintannya. Untuk karikur di bawah ini harganya mulai dari tujuh puluh enam ribu rupiah.