Wakelet, Konten Kurasi Multifungsi

Apakah anda sebelumnya pengguna Storify? Bila iya, anda mungkin tertarik dengan aplikasi konten kurasi yang akan dibahas kali ini. Bila anda belum pernah mencoba Storify namun berniat atau memiliki hobi berbagi informasi, artikel ini akan memperkenalkan kepada anda sebuah aplikasi gratis yang dapat mengakomodir konten anda secara maksimal. Setelah Storify meredup pada tahun 2018 lalu, Wakelet tampil mendominasi, Merupakan sebuah aplikasi konten kurasi dan referensi gratis yang berasal dari UK. Wakelet juga merupakan sebuah start-up di bidang teknologi yang didirikan oleh Jamil Khalil, yang sebelumya bekerja di Airbus. Setelah melakukan observasi yang cukup panjang mengenai cara kerja disekitarnya,  Jamil terdorong untuk menciptakan aplikasi yang dapat berguna dan menyesuaikan dengan teknologi yang ada saat ini.

Pada 2018, Wakelet telah memiliki 3 Juta pengguna, dimana separuhnya berasal dari Amerika Serikat. Jumlah tersebut masih terus meningkat setiap harinya. Aplikasi Wakelet juga di klaim sebagai “go-to-edtech tool” bagi banyak sekolah dan universitas. Beberapa Universitas terkemukapun telah mengadopsi media daring melalui aplikasi Wakelet, diantaranya University of Cambridge, Harvard University, Manchester Metropolitan Univesity, dan University of London. Selain itu banyak juga perusahaan yang telah menggunakan Wakelet, tercatat hingga saat ini FC Barcelona, Coca Cola, dan Atlanta Hawks sebagai perusahaan yang aktif menggunakan Wakelet.

Lalu, mengapa Wakelet dapat menjadi begitu boom-ing dan banyak digunakan? Apabila kita membuka internet, begitu banyak rangkaian berita atau informasi dari berbagai sumber, bahkan untuk berita spesifikpun dapat menghasilkan ribuan hasil pencarian yang berasal dari artikel, video, blog, tweet, postingan facebook, dokumen, dan sumber internet lainnya. Dengan adanya Wakelet, dapat menjadi jembatan diantara manusia dan algoritma dengan memanfaatkan manusia untuk melakukan konten kurasi yang dinilai penting dan berguna, secara mudah sehingga cerita tersampaikan dengan lebih baik, menarik, dan komunikatif.

source: https://wakelet.com/@Rohingya

Fitur apa saja yang membuat Wakelet spesial? Wakelet dapat digunakan untuk mengkurasi dan menyimpan artikel, video, gambar, tweet, dan link lainnya yang dapat digabungkan kedalam artikel. Selain itu, fitur dibuat sederhana dan intuitif yang memberikan anda kemampuan untuk mengatur dan membuat konten yang mudah dikelola. Wakelet menawarkan hal yang belum pernah ditawarkan oleh aplikasi setipe sebelumnya. Wakelet memungkinkan anda untuk meng-export konten yang telah anda buat dan megizinkan anda untuk menempelkan link dari berbagai sumber, misalnya Facebook, Instagram, Flickr, Souncloud, Tumblr, Youtube, Google Maps, dan lainnya.

Aplikasi ini sudah cukup memuaskan bagi pembuat konten. Namun hal yang diharapkan kedepannya dari Aplikasi Wakelet, agar dapat membuat fitur kolaborasi. Sehingga kita dapat membuat konten kolaborasi dengan pengguna Wakelet lainnya.

Berikut adalah contoh konten yang dihasilkan menggunakan Wakelet:
https://wakelet.com/@Rohingya, created by Rohingya
https://wakelet.com/@jammy, created by Jamil

Referensi:
https://technation.io/news/made-in-manchester-how-wakelet-scaled-to-the-us/
https://etechlib.wordpress.com/2018/09/25/storify-is-gone-have-you-tried-wakelet/

Listhari Baenanda