Saat ini, banyak perusahaan menggunakan video dalam memberikan pelatihan kepada setiap karyawannya. Namun, kebanyakan kasus video tersebut dibuat oleh beberapa karyawan lain yang lebih ahli dalam memberikan materi namun kurang bisa memahami cara membuat video yang baik, sehingga seringkali video pelatihan tersebut sangat membosankan atau tidak menarik.Untuk mengatasi kesulitan tersebut, berikut adalah beberapa kiat praktis yang dapat membantu Anda dalam membuat video pelatihan yang benar-benar dapat menarik perhatian peserta didik Anda :

Kenali Karakteristik Peserta Pelatihan

Hal yang pertama anda dapat lakukan adalah mengenal karakteristik peserta yang akan menggunakan video tersebut. Dengan mengenali karakteristik peserta maka anda dapat mengetahui kebutuhan peserta tersebut. Karena indikator video pelatihan yang menarik, yaitu video yang dapat menyajikan apa yang dibutuhkan oleh peserta.

Setiap kelompok peserta memiliki kebutuhan dan harapan yang berbeda untuk video pelatihan yang digunakan. Jadi, selalu pertimbangkan karakteristik peserta pelatihan Anda berkenaan dengan kekuatan pendorong yang peserta cari, jenis presentasi yang peserta sukai, dan rentang perhatian yang sesuai dengan usia peserta.

Menggunakan Tokoh atau Wajah yang Sudah Dikenal

Peserta didik dengan umur yang sudah dewasa pasti memiliki idola dan sangat ingin melihat idola mereka muncul di film, poster, atau video. Selama pembuatan video pelatihan ,bila memiliki dana yang cukuo, Anda dapat meminta bantuan seorang public figure untuk mengambil peran dalam video tersebut meskipun dengan durasi yang singkat. Bila tidak memiliki dana yang lebih, anda dapat meminta tolong pada karyawan lain yang sekiranya memang terkenal di perusahaan anda. Hal ini disebabkan karena jauh lebih baik untuk melihat dan mendengar dari seseorang yang dikenal daripada disampaikan oleh orang asing. Sehingga peserta pelatihan dapat lebih santai dan fokus.

Membuat Video Sambutan

Video pelatihan semacam dengan  video orientasi dapat membantu karyawan merasa nyaman di lingkungan kerja khususnya bagi karyawan baru. Video sambutan lebih menarik daripada jenis video pelatihan lainnya karena mengandung banyak motivasi. Lebih singkatnya, video orientasi berisikan pengantar singkat umum, kode etik , kebijakan tentang perusahaan.

Video Pelatihan yang Singkat, Jelas, dan Tepat

Video dengan durasi singkat video pendek lebih disukai karena karyawan memiliki waktu yang singkat juga untuk belajar lalu kembali bekerja. Panjang ideal video untuk pelatihan hanya 2 sampai 9 menit. Apabila lebih lama dari waktu ideal tersebut, peserta pelatihan  mungkin akan merasa kehilangan motivasi tentang seluruh sesi pelatihan. Namun, jika video bersifat instruksi yang panjang tidak dapat dihindari, cobalah memecah konten menjadi beberapa potongan video.
Hal berikutnya adalah menggunakan kata – kata dan cara berbicara dengan jelas. Setelah itu berikan ringkasan singkat yang dapat menguatkan poin-poin penting secara menyeluruh.

Buat Video dengan lebih Kreatif

Sebagai pembuat video untuk perusahaan harus dituntut lebih kreatif dala menciptakan video tersebut. Saran yang dapat dilakukan adalah dengan mencampur berbagai format video menjadi satu video. Format video tersebut antara lain animasi, slide,video tatap muka, video klip , screen recording dan lain-lain. Salah satu contohnya adalah menggabungkan format video tatap muka, diselingi animasi dan screen recording untuk memperjelas teori yang disampaikan sehingga video tidak membosankan.

Tambahkan Unsur Humor

Sesuatu yang dapat membuat lucu sangat dapat membantu dalam meredakan situasi dan membuat seluruh sesi pelatihan melalui video lebih menyenangkan. Sudah terbukti bila seorang pelatih menggunakan humor dalam video pelatihan maka dapat membuat sesi pelatihan tersebut menjadi lebih dekat dengan kehidupan sehari-hari sehingga lebih menarik bagi para peserta pelatihan.

Tambahkan Waktu Tanya Jawab

Mendengarkan penjelasan selama berjam-jam dari satu orang saja tentunya akan menimbuklan kebosanan. Hal tersebut dapat diatasi dengan menambahkan waktu untuk sesi tanya jawab di tengah video pelatihan.Sesi Tanya Jawab tersebut dapat membantu memperbarui fokus dan minat peserta terhadap video tersebut.Sesi Tanya Jawab tidak hanya menawarkan istirahat singkat bagi peserta, tetapi juga membantu meningkatkan keterampilan dalam tim peserta. Cara yang dapat digunakan  dimulai dengan menonton video lalu ditengah waktu, instruktur harus berhenti beberapa saat untuk bertanya kepada seluruh peserta , sehingga instruktur mendapatkan umpan balik untuk melihat apakah peserta sudah paham sejauh apa.

Sekian tips yang dapat dilakukan. Selamat mencoba .