Dunia terus menerus berubah seiring dengan berkembangnya teknologi, lalu bagaimana dengan pendidik menjalani kegiatan mendidiknya di dunia  yang terus berubah sangat cepat? Guru saat ini perlu untuk lebih banyak mendukung peserta didik dalam mengeksplorasi dan mengekspresikan kompetensi yang dimiliki sebagai seorang individu yang unik.

Bagaimana karakteristik dari guru di abad 21 yang perlu dimiliki oleh guru saat ini?

Mencintai Belajar

Pendidik abad ke-21 yang baik seharusnya menyiapkan siswa mereka menjadi pembelajar seumur hidup,guru selalu berupaya untuk tetap mengikuti perkembangan zaman dan tahu bagaimana mengubah rencana pelajaran yang lama menjadi lebih cocok untuk hari ini.

Ketika guru menyukai belajar, antusiasme mereka secara alami akan menginspirasi siswa juga, berkontribusi pada lingkungan kelas yang lebih merangsang. Siswa juga akan merasa bebas untuk membagikan pengetahuan dan ide-ide mereka dengan guru.

Kelas yang Berpusat pada Peserta Didik

Pembelajaran tidak lagi hanya berpusat pada guru sebagai center of learning. Siswa diizinkan untuk membuat pilihan mereka sendiri, mereka memiliki pembelajaran mereka, meningkatkan motivasi intrinsik, dan berusaha lebih banyak metode yang ideal  untuk hasil belajar yang lebih baik.

Pelajari teknologi baru

Karena teknologi terus berkembang, mempelajari teknologi baru merupakan kompetensi yang harus miliki guru di abad 21. Baik guru pemula maupun yang berpengalaman, semua akan memiliki kapasitas yang sama saat mempelajari sebuah tekniologi baru, sehingga semua orang bisa melompat kapan saja. Penggunaan Lynda.com, juga merupakan salah satu cara untuk mempelajari teknologi baru.

Jadilah cerdas dan Gunakan Smartphone

Penggunaan smartphone di dalam pembelajaran merupakan salah satu cara untuk menambah pengetahuan baru. Ketika guru tidak membolehkan penggunaan smartphone, maka guru harus sebisa mungkin menjadi sumber belajar dalam kelas.

Tech-savvy

Pendidik abad ke-21 memahami dan memanfaatkan ini melalui tidak hanya mengikuti tren terbaru, tetapi juga bereksperimen dengan alat dan teknik baru yang dapat meningkatkan pembelajaran mereka sendiri dan siswa mereka. Namun, ini tidak berarti bahwa teknologi digunakan hanya untuk kepentingan itu, bahkan dalam kasus di mana metode pengajaran lain akan lebih tepat. Guru abad ke-21 yang efektif mampu mengintegrasikan teknologi di ruang kelas untuk benar-benar menginspirasi dan memajukan pembelajaran siswa.

Kolaboratif

Berbagi keahlian dan pengalaman, serta berkomunikasi dan belajar dari orang lain adalah bagian penting dari proses belajar dan mengajar. Meningkatnya kolaborasi yang efektif membuat para guru mendapatkan praktik-praktik yang lebih baik, yang mengarah pada pedagogi yang lebih kuat. Dan tentu saja, semakin efektif seorang guru, semakin banyak siswa akan mendapat manfaat dan berkembang.

Kreatif

Dunia di mana teknologi dapat menjawab pertanyaan apa pun yang kita cari di Google, siswa memerlukan lebih banyak kesempatan untuk belajar bagaimana bertukar pikiran dan berpikir secara kreatif agar berhasil. Kelas yang didorong oleh kreativitas ditandai dengan sesi tanya jawab yang antusias, penilaian kinerja dan umpan balik, kerja sama dengan orang lain dalam hal berbagi ide, serta kemandirian untuk mengekspresikan diri secara bebas.

 

Sumber :

https://www.edutopia.org/discussion/15-characteristics-21st-century-teacherhttps://www.aischool.net/blog/index.php/2017/05/24/top-five-characteristics-of-a-21st-century-educator/

 

Top Five Characteristics of a 21st Century Educator