Project Based Learning, sebuah Metode untuk eLearning

Project based learning adalah salah satu metode dalam pembelajaran. Seperti yang dikutip dari www.definedstem.com, Project Based Learning (PjBL) adalah metode yang mampu untuk mendorong menerapkan pengetahuan dan keterampilan.

Mengapa Project Based Learning?

Pembelajaran berbasis proyek memberikan kesempatan untuk memperluas pengetahuan dan mengembangkan keterampilan melalui pemecahan masalah dan investigasi.

Pada PjBL peserta course dapat mempraktikkan pengambilan keputusan berdasarkan masalah dari kehidupan nyata. Peserta course juga dapat mengembangkan keterampilan, berpikir kritis lalu mengaplikasikan pengetahuan untuk membuat sebuah project yang akan memecahkan masalah yang disajikan.

Peserta course dapat memperoleh pengalaman yang tak ternilai dengan melakukan dan berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Dibandingkan hanya membaca informasi yang disajikan pada course lalu mengikuti tes di akhir course pada eLearning.

Karakteristik Project Based Learning

Masalah, Tantangan dan Pertanyaan

Inti dari pembelajaran berbasis proyek adalah pertanyaan, tantangan dan masalah. Masalah yang diberikan harus bersifat menantang.

Kemampuan, Pengetahuan dan Pemahaman

Pada setiap proyek yang diintegrasikan ke dalam elearning course, harus dipusatkan pada tujuan pembelajaran dan keterampilan yang harus dikembangkan.

Otentik dan Relevan

Proyek yang dikerjakan tersebut harus mencakup masalah atau pertanyaan yang berasal dunia nyata dan relevan relevan, lalu bisa mengatasi masalah tertentu yang mungkin dimiliki.

Feedback

Peserta course harus dapat memberikan dan menerima umpan balik, hal itu berguna untuk mengembangkan pengetahuan mereka dan bagaimana mempresentasikan temuan dari permasalahan.

Sumber

https://elearningindustry.com/project-based-learning-in-elearning-what-elearning-professionals-should-know

http://www.ascd.org/publications/books/106031/chapters/The_Nine_Steps_of_Project-Based_Learning.aspx