Mengaplikasikan Project Based Learning dalam e-Learning

Project based learning adalah salah satu cara untuk menjadikan pembelajaran dalam eLearning lebih interaktif, bermakna mendalam, dan juga dapat membuat peserta didik lebih memahami pembelajaran. 

Pembelajaran berbasis proyek ini memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk memperluas basis pengetahuan mereka dan mengembangkan keterampilan melalui pemecahan masalah dan investigasi. 

PjBL akan menjadi sebuah metode yang efektif baik dalam kelas online, hal itu tergantung dari kemampuan pengajar untuk merancang konten online berkualitas tinggi.

Seperti yang di kutip di website www.pblworks.org, Kennesaw State University mengembangkan sebuah model instructional design yang akan membantu pengajar untuk memasukkan strategi PjBL ke dalam kursus online yang dibuat. Project-based Online Learning atau PjBOL ini memiliki tujuh komponen utama, yakni:

Driving Question and Hook

Pelajaran/materi yang disajikan harus bisa membangkitkan minat pelajar dan membuat proyek tersebut relevan bagi pelajar.

Introduce the Project

Perkenalkan etrlebih dahulu mengenai gambaran dari project yang akan dibuat.

Formative Assessments

Hal ini akan berlanjut melintasi beberapa langkah proyek untuk mengukur pemahaman siswa. Membedakan antara pengetahuan konten siswa dan pemahaman proyeknya membantu guru merencanakan antara intervensi siswa atau perubahan pelajaran online.

Build Content Knowledge

Membangun pengetahuan mengenai konten/materi pelajaran yang akan diajarkan, bagian ini mencakup bacaan, video, dan gambar yang memperkenalkan pelajar pada konten baru untuk memahami dan mengingat yang akan digunakan untuk menyelesaikan proyek.

Tutorial-by-Example

Tutorial ini dilakukan untuk menambah pemahaman mengenai materi/konten dengan proses dari pembuatan proyek.
Hal yang diperlukan adalah a) deskripsi dari proyek yang mendalam, b) rubrik penilaian, c) setidaknya satu sampel siswa, d) setidaknya satu video atau screencast di mana guru menilai sampel siswa menggunakan rubrik, dan e) kesempatan untuk mengajukan pertanyaan pada rekan dan  evaluasi diri.

Summative Assessment

Pelajar menyerahkan proyeknya, dan lalu dinilai dan direvisi sambil diberikan pemahaman yang benar.

Sharing

Menerbitkan karya (hasil proyek) untuk dibagikan kepada audiens-nya.

Sumber
https://elearningindustry.com/project-based-learning-in-elearning-what-elearning-professionals-should-knowhttps://www.pblworks.org/blog/project-based-online-learning-meeting-challengehttps://www.dallasinstitute.edu/sites/default/files/documents/Project-Based%20Learning%20Online_June2017_Director.pdf