Sejak dahulu kala, orang tahu bahwa ide yang kompleks dapat disampaikan hanya dengan satu gambar. Sebagian besar otak kita dikhususkan untuk oemrosesan visual. beberapa peneliti bahkan mengklaim bahwa lebih dari 90% informasi yang diproses adalah visual.

Berikut ini adalah 3 contoh gambar ilustrasi dapat membawa manfaat tambahan untuk pengalaman pengguna:

1. Membuat UI menjadi lebih informatif.

Menjelaskan konsep.

Terkadang kita sulit untuk menjelaskan suatu konsep hanya dengan menggunakan kata-kata (terutama, jika itu konsep abstrak). Ilustrasi memiliki kekuatan untuk mengklarifikasi hal-hal tersebut.

Mengkomunikasikan konteks sebuah teks.

Saat kita ingin membiasakan pengguna dengan sesuatu, mereka dapat menggunakan teks untuk tujuan itu. Tetapi teks tanpa visual bisa terlihat membosankan. Karena pengguna cenderung memindai konten. Sehingga gambar ilustrasi dapat mengkomunikasikan sebuah teks dengan lebih menarik.

Memotifasi pengguna untuk melakukan suatu tindakan.

Ilustrasi dapat dibuat untukĀ  memotifasi pengguna untuk mengambil sebuah tindakan.

 

2. Menyenangkan pengguna

Pengguna dapat berinteraksi dengan lusinan produk setiap hari, tetapi mereka akan selalu mengingat produk yang membuat mereka merasa senang. Ketika mereka menemukan produk seperti itu, ada kemungkinan besar mereka akan tetap loyal kepada produk tersebut. Ilustrasi dapat digunakan untuk membuat pengguna merasa senang.

Pengguna mencapai tujuan.

Ilustrasi bergerak yang muncul di layar pada saat pengguna mencapai tujuan dapat membangkitkan perasaan bahwa pengguna mencapai sesuatu yang signifikan.

Pengguna bingung atau frustasi oleh sesuatu.

Ilustrasi dimungkinkan untuk mengurangi frustasi. Misalnya, ketika pengguna melihat keadaan kosong dalam penggunaan produk pertama kali, ilustrasi dapat digunakan sebagai petunjuk untuk hal yang akan dilakukan pengguna pertama kali.

 

3.Berkomunikasi kepribadian.

Ilustrasi yang unik dan dibuat khusus dapat digunakan sebagai pembeda suatu produk dari produk lain.

Ilustrasi sebagai identitas sebuah brand.

Ilustrasi yang dibuat sesuai dengan bahasa visual sebuah brand dapat membangun daya ingat brand yang kuat. Ketika pengguna melihat ilustrasi tersebut, mereka akan langsung menghubungkannya ke brand.

Maskot.

Maskot adalah objek ilustrasi khusus yang dibuat khusus untuk sebuah produk atau brand. maskot yang dirancang dengan baik dapat menciptakan hubungan emosional yang baik antara pengguna dan produk/ brand.

Menciptakan Mood

Ilustrasi juga dapat digunakan untuk mengatur mood sebuah website/ aplikasi. Sangat penting untuk membuat ilustrasi yang selaras dengan konsep sebuah website/ aplikasi agar pengguna dapat dengan mudah mencerna tujuan dari website/ aplikasi tersebut.

 

https://uxplanet.org/3-common-ways-to-use-illustrations-in-ui-design-864d4dfadd5