Formative Assessment, Tujuan dan Manfaat dalam Pembelajaran Online

Apa itu Formative Assessment?

Asesmen formatif merupakan sebuah penilaian yang dilakukan untuk mendapatkan informasi mengenai proses pembelajaran yang sudah dilakukan. Tujuan dari penilaian formatif sendiri adalah untuk memantau perkembangan belajar siswa serta untuk memberikan umpan balik berkelanjutan yang dapat digunakan oleh instruktur untuk meningkatkan pembelajaran mereka.

Pada eLearning, tujuan utama dari penilaian formatif dalam adalah untuk menawarkan umpan balik kepada siswa, yang dapat digunakan untuk meningkatkan pengalaman dalam belajar menggunakan eLearning.

Manfaat Formative Assessment

Selain itu manfaat penggunaan Formative Assessement dalam pembelajaran adalah membantu siswa mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan mereka dalam topik di pelajaran tertentu. Formative Assessment juga membantu mengenali kesulitan siswa dan dapat dengan segera dilakukan tindak lanjut untuk perkembangan pembelajarannya.

Contoh Formative Assessment

  1. Menggambar peta konsep di kelas untuk mewakili pemahaman mereka tentang suatu topik
  2. Mengirimkan satu atau dua kalimat yang mengidentifikasi poin utama sebuah pembelajaran

Perlukah Formative Assessment?

Dalam banyak hal, penilaian formatif adalah salah satu strategi penilaian yang paling menguntungkan, karena berfokus pada apa yang masih perlu dipelajari daripada apa yang seharusnya sudah dikuasai peserta didik. Ini memberikan siswa cukup waktu untuk meningkatkan dan memperoleh informasi dan keterampilan yang diperlukan selama proses pembelajaran di eLearning.

 

Sumber :

https://www.cmu.edu/teaching/assessment/basics/formative-summative.htmlhttps://elearningindustry.com/formative-assessment-in-elearning-what-elearning-professionals-should-know

https://elearningindustry.com/formative-assessment-in-elearning-what-elearning-professionals-should-know