Tampilan visual dapat digunakan dalam sebagian besar disiplin ilmu untuk melengkapi pembelajaran. Film pendek dan klip televisi, video, gambar beresolusi tinggi, ilustrasi dan foto yang semuanya berkontribusi pada pemahaman siswa pada materi. Tampilan visual adalah salah satu kekuatan dalan eLearning.

Sebagian besar siswa merasa bosan ketika mereka dihadapkan pada halaman berupa teks, sementara tampilan visual lebih menarik perhatian dan seringkali menyampaikan konsep lebih jelas daripada kata-kata.

Manusia pada dasarnya bersifat visual, jadi masuk akal untuk menggunakan kemampuan yang dimiliki ini untuk meningkatkan pembelajaran dan menyimpan informasi baru. Manusi memproses data visual lebih baik daripada jenis bentuk lainnya. Otak manusia memproses gambar 60.000 kali lebih cepat daripada teks, dan 90 persen informasi yang dikirimkan ke otak adalah berbentuk visual.

Bagaimana tampilan visual meningkatkan pembelajaran

Pemilihan tampilan visual yang baik dalam eLearning membuatnya menarik secara visual dan menarik bagi peserta didik untuk dijelajahi, tetapi selain itu tampilan visual menawarkan banyak manfaat lainnya.

1. Tampilan visual jauh lebih baik daripada teks dalam menyederhanakan materi yang kompleks. Misalnya, proses kimia yang dapat diilustrasikan dengan bagan, infografis atau video

2. Tampilan visual efektif dalam pembelajaran. Penelitan membuktikan bahwa informasi akan bertahan lama dan lebih akurat jika siswa menggunakan format visual.

3. Tampilan visual meningkatkan kecepatan dalam pembelajaran, terutama ketika konsep disajikan dalam bentuk gambar yang relevan. Hal ini cara yang efektif untuk menyajikan informasi karena siswa mengingat lebih banyak informasi dibandingkan hanya dengan membaca atau mendengarnya. Seringkali memahami gambar lebih cepat sementara bentuk teks membutuhkan waktu dalam pemahamannya.

4. Tampilan visual menyajikan informasi yang singkat, ringkas, sehingga siswa tidak merasa kewalahan oleh informasi yang berlebihan. Aspek ini juga membuat informasi lebih mudah dipelajari dan diingat.

Visual design and Instructional design

Visual desain adalah hal yang penting tetapi tidak harus dalam bayang bayang Instructional Design, tugas utama Instructional Design adalah tentang konten, tujuan pembelajaran dan kinerja. Bertujuan untuk mentransfer pengetahuan, mengajarkan keterampilan, atau mengubah kebiasaan. Sedang Visual Design bertanggung jawab atas pemilihan warna, jenis huruf, tata letak dan navigasi dan penyajian elemen visual seperti video, gambar, infografis dan grafik untuk menggambarkan informasi.

Baik visual design maupun instructional design sangat dibutuhkan dalam pembuatan konten eLearning. Mereka harus bekerja bersama. Tampilan desain harus semenarik mungkin tetapi tetap harus sesuai dengan informasi yang ingin disajikan. Begitu pula dengan Instructional Design yang hebat akan gagal jika informasi yang disajikan buruk. Ketika pengguna mengalami kesulitan membaca tulisan atau begitu terganggu dengan banyaknya warna dan elemen visual, atau kesulitan dalam alur konten, maka tampilan desain telah gagal.

Instructional Designer dan Grafik Desainer perlu untuk bekerja sama dalam menghasilkan eLearning yang berkualitas. Biasanya strategi desain visual dibahas Bersama desainer setelah melihat keseluruhan materi yang ingin ditampilkan.

Ada beberapa kesalahan yang harus dihindari ketika mencoba merancang eLearning; salah satunya adalah mengabaikan pentingnya desain visual dan fakta bahwa hal itu harus diimplementasikan secara bersamaan dengan Instructional Design.

Sumber :

https://www.thetechedvocate.org/looks-do-matter-how-visuals-shape-elearning/