Apakah ada yang pernah memperhatikan tampilan desain dari scrollbar pada sistem operasi yang digunakan?
Saya sendiri jarang memperhatikannya namun saya merasakan perbedaan ketika menggunakan sistem operasi Windows dan Mac. Yang saya lihat perbedaan yang jelas adalah scrollbar pada Windows yang dominan berbentuk persegi dan scrollbar Mac yang lebih membulat pada setiap ujung sudutnya.

Ternyata ada website yang mengumpulkan semua desain scrollbar dari berbagai sistem operasi dan diurut berdasarkan tahun sistem operasinya yaitu scrollbars.matoseb.com

Berikut tampilan desain scrollbar dari websitenya:

Kalau diperhatikan, bentuk scrollbar dan elemennya tidak berubah dari tahun 1981 sampai 2015. Ada elemen bentuk panah arah atas, bawah dan dibagian tengah ada elemen berbentuk persegi untuk menandakan banyaknya konten yang akan discroll.

Hanya operasi sistem Mac yang mengalami perubahan desain elemennya yang dimana pada tahun 1997 sampai 2001 masih menggunakan elemen penunjuk atas dan bawah. Sedangkan tahun 2011 sampai 2019, elemen penunjuk arah sudah tidak digunakan.

Pada tahun 2011 sampai sekarang, kedua sistem operasi sudah meninggalkan gaya grafis Skeuomorphism (gaya grafis yang mengikuti bentuk yang ada pada dunia nyata) menjadi lebih Flat dan sederhana.