Kata budaya merupakan sesuatu yang melekat pada kehidupan manusia. Perilaku kita sehari-hari merupakan cerminan dari arti budaya itu sendiri. Berbagai kondisi yang manusia hadapi akan dipengaruhi oleh suatu budaya, baik itu budaya di sekolah, budaya di keluarga, budaya di tempat kerja, dan lain sebagainya. Contohnya adalah budaya dalam bekerja, pastinya budaya tersebut telah dibentuk oleh persepsi setiap karyawan tentang tindakan yang telah diambil dan nilai-nilai yang harus dipegang. Ini adalah manifestasi dari kepercayaan, nilai, dan norma dari satu organisasi .

Contoh lain yang akan kita bahas adalah budaya belajar, dimana hal tersebut adalah budaya yang menghargai dan mendorong proses pembelajaran khususnya dalam sebuah organisasi, baik organisasi pendidikan maupun organisasi pekerjaan. Mengembangkan budaya yang mendukung pembelajaran memberikan manfaat luar biasa bagi sebuah organisasi. Budaya belajar itu penting karena dapat membantu Anda memanfaatkan potensi setiap anggota organisasi sehingga dapat mengembangkan bisnis daro organisasi tersebut. Budaya belajar adalah sesuatu yang harus diusahakan untuk dikembangkan oleh setiap organisasi. Mengubah budaya dalam organisasi menjadi budaya yang mendukung pembelajaran bukanlah sesuatu yang terjadi dalam waktu singkat, tetapi ada langkah-langkah yang dapat diambil untuk bergerak ke arah yang benar. Berikut adalah 9 cara yang dapat dilakukan untuk mengembangkan budaya belajar di sebuah organisasi:

Jadikan Proses Pembelajaran menjadi Nilai Inti dalam Organisasi

Agar berhasil membangun budaya belajar, setiap anggota perlu merasa bahwa pemimpin mendukung adanya proses belajar tersebut. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan membuat pembelajaran mendapatkan nilai inti yang jelas. Nilai-nilai inti nantinya akan digunakan untuk pengambilan keputusan dan membimbing tindakan yang diambil organisasi. Berkomitmen untuk belajar juga berarti organisasi membuat komitmen untuk menyediakan sumber daya yang diperlukan untuk mendukung Pembelajaran dan Pengembangan setiap anggota.

Kembangkan Rencana Pembelajaran

Rencana pembelajaran yang spesifik secara personal sehingga menjadikan pembelajaran lebih relevan bagi masing-masing anggota dalam organisasi. Dengan menetapkan tujuan pembelajaran secara strategis, setiap anggota anda akan lebih terlibat dalam proses pembelajaran. Tidak lagi tentang menyelesaikan kursus, namun tentang memberikan gambaran besar dan mendukung para anggota tersebut untuk membantu mereka mencapai tujuan yang diinginkan.

Berikan Pelatihan yang Spesifik

Banyak motivasi belajar berasal dari ambisi untuk mencapai sebuah karier. Ketika organisasi menawarkan pelatihan secara spesifik per individu dapat membantu setiap anggota organisasi mengidentifikasikan peluang karier dan mengembangkan rencana pembelajaran yang lebih personal. Pelatihan bisa menjadi cara yang efektif untuk membimbing pembelajaran mandiri dan mengeksplorasi sumber daya yang tersedia

Pimpin Dengan Memberi Contoh

Bagi pemimpin organisasi di semua tingkatan merupaka posisi yang berpengaruh dalam budaya belajar. Jika pemimpin  terlibat dan berdedikasi untuk pembelajaran maka hal tersebut akan memperkuat budaya belajar. Beberapa cara yang dapat dilakukan oleh pemimpin adalah dengan menetapkan tujuan pembelajaran sendiri, berbicara tentang pelatihan yang sudah diambil, dan bersedia untuk terbuka untuk dikoreksi dan mampu merefleksikan kesalahan yang dibuat.

Berikan Hadiah yang Tepat

Sebuah penghargaan bisa membantu dalam membangun budaya belajar. Contohnya seperti membuat pengakuan di hadapan public tentang keberhasilan dari proses belajar seorang anggota atau imbalan seperti mendapat hadiah uang. Banyak LMS menyediakan lencana dan hadiah virtual lainnya untuk keberhasilan belajar. Hadiahnya tidak perlu mahal, tetapi menunjukkan bahwa memberikan bentuk hadiah adalah untuk mendukung upaya belajar dan mengembangkan budaya belajar.

Memiliki Lingkungan Belajar yang Tepat

Ada banyak pilihan yang tersedia untuk platform pembelajaran. Lingkungan belajar yang digunakan organisasi harus dapat memfasilitasi dan mendukung pembelajaran. Lingkungan tersebut dapat memberikan kesempatan untuk berbagi pengetahuan dan interaksi antar setiap anggota.

Buat Program untuk Berbagi Pengetahuan (Knowledge Sharing)

Berbagi pengetahuan (knowledge sharing) adalah bagian besar dari menciptakan budaya belajar. Pembelajaran informal dan pembelajaran sosial adalah bagian besar dari pembelajaran. Ketika anggota didorong dan diberi penghargaan karena berbagi pengetahuan, mereka akan lebih terlibat dalam pembelajaran tersebut.

Buat Program Pelatihan yang Bermakna

Anggota organisasi perlu merasa bahwa mereka adalah bagian dari sesuatu yang lebih besar daripada diri mereka sendiri. Ketika mereka terlibat pada tingkat yang lebih tinggi, itu mendukung upaya untuk membangun budaya belajar.

Demikian beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk membangun budaya belajar yang kuat dalam organisasi yang anda miliki. Bila setiap anggota memiliki semangat yang sama dalam belajar, maka tujuan organisasi yang anda inginkan akan lebih mudah dicapai.